Jumat, 17 September 2021 19:06

Kalla Lines Raih Penghargaan Safety, Security, Clean Ocean, and Services dari Kesyahbandaran Utama Makassar

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Kalla Lines Raih Penghargaan Safety, Security, Clean Ocean, and Services dari Kesyahbandaran Utama Makassar

Di antara ratusan kapal laut dari puluhan perusahaan pelayaran yang beroperasi di Makassar, hanya tiga yang berhasil meraih penghargaan ini.

RAKYATKU.COM,MAKASSAR - Armada Kalla Lines, KM Omarrasheed meraih penghargaan dari Kantor Kesyahbandaran Utama Makassar.

Apresiasi ini diberikan atas pemenuhan kapal terhadap implementasi Safety Security, Clean Ocean, dan Services (S2CS).

Piagam penghargaan diserahkan Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Selatan, Abdul Hayat Gani kepada Muhammad Naim selaku Chief Operation Officer (COO) Kalla Lines didampingi Herman selaku Operational Manager Kalla Lines di Pelabuhan Rakyat Paotere, Rabu (15/9/2021).

Baca Juga : Perkuat Armada Pengangkut Tambang, Kalla Lines Tambah Tugboat dan Tongkang

Di antara ratusan kapal laut dari puluhan perusahaan pelayaran yang beroperasi di Makassar, hanya tiga yang berhasil meraih penghargaan ini.

"Penghargaan ini tentunya menjadi kebanggaan tersendiri bagi kami sekaligus menjadi bukti bahwa Kalla Lines konsisten menjalankan aturan dan standar keamanan dan layanan yang diberlakukan Kesyahbandaran,"ungkap Muhammad Naim, Chief Operation Officer (COO) Kalla Lines.

Adapun deretan penilaian penghargaan ini dimulai dari safety.

Baca Juga : Sepanjang 2023, Kalla Lines Konsisten Pimpin Market Share Pengiriman Kendaraan Rute Jakarta-Makassar

"Kami terus berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan maupun stakeholder yang kami miliki. Kami pun berharap dengan adanya penghargaan ini dapat semakin meningkatkan kepercayaan pelanggan dan kinerja perusahaan," sambungnya.

Setiap kapal yang sandar di pelabuhan tentunya selalu dicek oleh petugas kesyahbandaran, baik standar safety kapal maupun orang-orang yang bekerja di dalam kapal.

Kemudian, penilaian security ialah implementasi International Ship and Port Security Code (ISPS Code) dan kapal juga harus tersertifikasi International Ship Security Certificate (ISSC) yang sudah dipenuhi Kalla Lines sejak dua tahun lalu.

Baca Juga : Diusia ke-33, Kalla Lines Perkuat Layanan Angkutan Mining

Penilaian selanjutnya ialah clean ocean ialah bagaimana sebuah kapal memenuhi aturan marine polution. Misal, memastikan keran pembuangan limbah kapal serta keran-keran untuk memisahkan air dan minyak terkunci semua saat bersandar. Selain itu, untuk memastikan tempat sampah dan petunjuk pembuangan sampah sudah tersedia.

Kemudian, services ialah terkait pelayanan, termasuk respons kru kapal ketika ada petugas yang membutuhkan informasi dan koordinasi.

Jumlah armada Kalla Lines saat ini berjumlah tiga kapal jenis Roro dengan rute Jakarta-Makassar PP. Mampu menampung lebih dari 1.800 unit kendaraan kecil, sedang, besar, hingga alat berat.

Baca Juga : Distribusi Kendaraan Jakarta-Makassar Paling Banyak Melalui Kalla Lines, Market Share Capai 64,8%

Tak hanya mobil, Kalla Lines juga melayani distibusi kendaraan roda dua yang mampu menampung muatan dengan total kapasitas hingga 1.300 unit.

Penulis : Usman Pala
#Kalla Lines