Rabu, 08 September 2021 14:33

41 Korban Tewas Kebakaran Lapas Tangerang: 2 WNA, Mayoritas Napi Narkoba

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H. Laoly, memberikan keterangan kepada pers usai meninjau lokasi kebakaran di Lapas Kelas I Tangerang, Rabu (8/9/2021). (Foto: Nicholas Ryan/Kompas.com)
Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H. Laoly, memberikan keterangan kepada pers usai meninjau lokasi kebakaran di Lapas Kelas I Tangerang, Rabu (8/9/2021). (Foto: Nicholas Ryan/Kompas.com)

"Salah satu korban meninggal adalah warga binaan kasus terorisme, satu tindak pidana pembunuhan, sementara lainnya narkoba," kata Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H. Laoly.

RAKYATKU.COM, TANGERANG - Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H. Laoly, mengungkapkan terdapat 41 korban tewas dalam kebakaran di Lembaga Pemasyarakatan lapas kelas 1 tangerang" href="https://rakyatku.com/tag/lapas-kelas-1-tangerang">(Lapas) Kelas I Tangerang, Banten, pada Rabu dini hari (8/9/2021).

Dua di antaranya merupakan warga negara asing (WNA), yakni warga negara Afrika Selatan dan Portugal. "Dua di antara korban meninggal merupakan warga negara asing dari Afrika Selatan dan Portugal," ujar Yasonna dalam keterangan tertulisnya.

Mayoritas korban meninggal merupakan narapidana (napi) kasus narkoba. "Salah satu korban meninggal adalah warga binaan kasus terorisme, satu tindak pidana pembunuhan, sementara lainnya narkoba," ujarnya.

Baca Juga : Pemerintah Disebut Bisa Dipidana atas Kebakaran Lapas Kelas I Tangerang

Yasonna menyampaikan duka cita terhadap korban dan keluarga. Dia juga sudah memerintahkan jajarannya melakukan evaluasi dan memberikan penanganan terbaik guna memulihkan korban luka.

"Rasa duka mendalam saya sampaikan atas jatuhnya korban dalam kebakaran ini. Ini musibah yang memprihatinkan bagi kita semua," ucapnya.

Yasonna mengatakan, Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kemenkumham telah bekerja sama dengan aparat kepolisian untuk menyelidiki penyebab kebakaran.

Baca Juga : 2.072 Napi di Blok C 2 Terkunci saat Lapas Kelas I Tangerang Terbakar, Ini Kata Menkumham Yasonna

Pihaknya juga akan mendiskusikan formula strategi pencegahan agar musibah kebakaran tidak terjadi lagi.

Kebakaran Lapas Kelas I Tangerang terjadi di Blok C2 yang dihuni oleh 122 orang. Sedangkan secara keseluruhan Lapas Kelas I Tangerang diisi oleh 2.072 orang.

Sebanyak 41 korban tewas akibat peristiwa kebakaran ini. Sementara 8 orang luka berat mendapat perawatan di RSUD Tangerang dan 73 orang menjalani perawatan luka ringan di Poliklinik Lapas.

#Lapas Kelas 1 Tangerang #Kebakaran Lapas