Rabu, 25 Agustus 2021 17:59

Wali Kota Palopo Ikuti Rakornas Pengendalian Inflasi

Redaksi
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Wali Kota Palopo Ikuti Rakornas Pengendalian Inflasi

Presiden optimistis dengan capaian ekonomi cukup tinggi dan berhasil mengendalikan inflasi.

PALOPO – Wali Kota Palopo M Judas Amir mengikuti rapat koordinasi nasional (rakornas) soal Pengendalian Inflasi tahun 2021 yang dilaksanakan secara hybrid dan dibuka oleh Presiden RI, Rabu (25/8/2021).

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dalam sambutannya memaparkan capaian kinerja pemerintah selama 2021 sebelum menyampaikan target RAPBN 2022. Presiden optimistis dengan capaian ekonomi cukup tinggi dan berhasil mengendalikan inflasi.

Presiden Jokowi menilai APBN berperan sentral untuk melindungi keselamatan masyarakat dan sekaligus sebagai motor pengungkit pemulihan ekonomi.

Baca Juga : Pemkot Palopo dan Bank Sulselbar Luncurkan Kartu Kredit Pemerintah Daerah

“Di kuartal kedua 2021, kita mampu tumbuh 7,07 persen, meski kita tengah berjuang melawan pandemi,” katanya.

“Sejak awal pandemi, pemerintah telah menggunakan APBN dalam upaya penanganan pandemi Covid-19. Diantaranya perangkat kontra-siklus atau countercyclical, mengatur keseimbangan rem dan gas, dan mengendalikan penyebaran Covid-19,” tambahnya.

Selain itu, pemerintah juga mengalokasikan APBN 2021 untuk melindungi masyarakat rentan, dan sekaligus mendorong kelangsungan dunia usaha.

Baca Juga : Pemkot Palopo Siapkan 43 Hektar Lahan untuk Gerakan Budidaya Pisang

Lebih jauh Presiden Jokowi mengatakan capaian lainnya hingga saat ini adalah tingkat inflasi yang terkendali.

Tercatat di angka 1,52 persen dari perbandingan pada periode yang sama di tahun lalu, presiden Jokowi optimistis capaian ini untuk tetap dijaga.

“Tingkat inflasi yang terkendali di angka 1,52 persen (YoY). Capaian ini harus terus dijaga,” katanya.

Baca Juga : Pj Wali Kota Palopo Lepas Bantuan Pangan Pemerintah

Turut  hadir, mengikuti secara virtual, Walikota palopo Drs. H. Muh. Judas Amir, MH, bersama Firkopimda, Sekda Palopo Drs. Firmanza DP, SH, M.Si, Staf Ahli dan para pejabat lainnya.

#pemkot palopo