Senin, 06 November 2023 17:54

Pemkot Palopo dan Bank Sulselbar Luncurkan Kartu Kredit Pemerintah Daerah

Redaksi
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Pemkot Palopo dan Bank Sulselbar Luncurkan Kartu Kredit Pemerintah Daerah

Secara teknis, penggunaan KKPD tidak jauh berbeda dengan kartu kredit reguler.

PALOPO --- Pemerintah Kota Palopo dan PT Bank Sulselbar resmi meluncurkan Kartu Kredit Pemerintah Daerah (KKPD) pada Senin (6/11/2023). Peluncuran tersebut ditandai dengan penandatanganan kontrak kerja sama antara kedua pihak di Ruang Ratona Kantor Wali Kota Palopo.

Dalam sambutannya, Plt. Pemimpin Divisi Dana dan Jasa PT Bank Sulselbar, Cakra, mengatakan bahwa KKPD merupakan upaya modernisasi transaksi pengelolaan keuangan daerah. Secara teknis, penggunaan KKPD tidak jauh berbeda dengan kartu kredit reguler.

"Kami berharap KKPD dapat diaplikasikan oleh pemerintah kota/kabupaten lain di wilayah Sulawesi Selatan. Ini merupakan capaian yang luar biasa," kata Cakra.

Baca Juga : Pemkot Palopo Siapkan 43 Hektar Lahan untuk Gerakan Budidaya Pisang

Penjabat Wali Kota Palopo, Asrul Sani, mengapresiasi kerja sama yang dibangun antara Pemkot Palopo dan Bank Sulselbar. Menurutnya, kerja sama ini akan semakin memperkuat pengelolaan keuangan daerah yang bersih, akuntabel, dan transparan.

"Pemerintah daerah terus berupaya memperbaiki manajemen pengelolaan keuangan daerah. Kami berharap kepada ASN yang dipercaya untuk memanfaatkan KKPD untuk kepentingan dinas dan menyadari bahwa transaksi apapun dalam dunia perbankan mendapatkan pengawasan yang ketat," ujar Asrul Sani.

Dalam kesempatan tersebut, Asrul Sani juga mengingatkan bahwa pengguna KKPD adalah pengguna anggaran atau kuasa pengguna anggaran. Oleh karena itu, KKPD harus dimanfaatkan sebaik-baiknya dengan tujuan melakukan transparansi pertanggungjawaban keuangan.

Baca Juga : Pj Wali Kota Palopo Lepas Bantuan Pangan Pemerintah

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Forkopimda Kota Palopo atau yang mewakili, Plt. Sekda Kota Palopo, Pimpinan Bank Sulselbar Cabang Utama Kota Palopo, kepala OPD se-Kota Palopo, serta tamu undangan lainnya.

#pemkot palopo