Jumat, 03 November 2023 17:10

Pj Wali Kota Palopo Lepas Bantuan Pangan Pemerintah

Redaksi
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Pj Wali Kota Palopo Lepas Bantuan Pangan Pemerintah

Bantuan Pangan yang disalurkan ke masyarakat penerima manfaat adalah 742 ton

PALOPO -- Penjabat (Pj) Wali Kota Palopo, Asrul Sani menyerahkan secara simbolis bantuan pangan, Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) kepada masyarakat penerima manfaat, sekaligus me-Launching pelepasan cadangan pangan pemerintah (CPP) bantuan pangan tahap ke-2 yang disalurkan ke Kelurahan.

Kegiatan yang digelar Dinas Ketahanan Pangan Kota Palopo Provinsi Sulawesi Selatan itu dilaksanakan di Auditorium SaokotaE, Rumah Jabatan Wali Kota Palopo, Jum'at, 3 November 2023.

Kepala Dinas (Kadis) Ketahanan Pangan Kota Palopo, Andi Enceng Amir, SE. M.Si., dalam laporannya menyampaikan bahwa penyaluran CPP Bantuan Pangan itu adalah alokasi untuk bulan September, Oktober, dan November, dengan jumlah 131.430 ton (dikali tiga bulan).

Baca Juga : Pemkot Palopo dan Bank Sulselbar Luncurkan Kartu Kredit Pemerintah Daerah

"Untuk tahap pertama, Kota Palopo mendapatkan bantuan dari Badan Pangan Nasional sebanyak 348 ton. Untuk tahap kedua ini sejumlah 394 ton. Jadi total dari dua tahap CPP Bantuan Pangan yang disalurkan ke masyarakat penerima manfaat adalah 742 ton," ungkap Andi Enceng.

"Semoga bantuan CPP ini dapat meringankan beban masyarakat di tengah inflasi dan menghadapi pengaruh El Niño saat ini," lanjutnya.

Sementara itu, Pj. Wali Kota Palopo dalam sambutannya mengungkapkan, CPP beras ini merupakan salah satu bagian dari program pemerintah untuk diberikan kepada masyarakat. Beras juga menjadi salah satu penyumbang inflasi. Menurutnya, harga beras yang terus meningkat juga diakibatkan dampak dari kekeringan yang berkepanjangan sehingga produksi beras menjadi berkurang.

Baca Juga : Pemkot Palopo Siapkan 43 Hektar Lahan untuk Gerakan Budidaya Pisang

"Di Palopo ini, salah satu penyebab harga beras naik adalah karena produksi padi di Kota Palopo dibawa keluar daerah, kemudian diproses, diolah, dan kembali lagi ke Kota Palopo. Hal ini menyebabkan tingginya harga beras di Kota Palopo," ungkap Pj. Wali Kota.

"Makanya, salah satu program kita adalah mendatangkan investor-investor untuk membangun pabrik pemrosesan dan pengolahan padi di sini. Kita akan promosikan investasi agar bisa bangun pengolahan padi di Kota Palopo, sehingga dengan itu, salah satu persoalan ini bisa kita selesaikan," jelas Asrul Sani menjelaskan.

Pada kesempatan itu juga, Pj. Wali Kota Palopo tak lupa menyampaikan selamat bagi para penerima manfaat bantuan CPP bantuan pangan dari pemerintah. "Semoga ini dapat bermanfaat dan dapat membantu masyarakat khususnya terkait dengan ketahanan pangan," ujarnya.

Baca Juga : Penjabat Walikota Palopo Hadiri Pelantikan Pengurus Jatman

Selain Pj. wali kota dan Kadis Ketahanan Pangan bersama jajarannya, hadir pula pada kesempatan itu Asisten II Setda yang juga Plh Sekretaris Daerah Kota Palopo, perwakilan Bulog Palopo, sejumlah pimpinan Perangkat daerah, camat, lurah, dan masyarakat penerima manfaat.

#pemkot palopo