Senin, 30 Agustus 2021 15:17

Warga Binaan Pidana Teroris Ikut Vaksinasi di Lapas Makassar

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi.
Ilustrasi.

"Dia (W) melakukan vaksin karena keinginannya sendiri, dukungan dari keluarga, serta motivasi dari petugas Lapas," kata Hernowo Sugiastanto, Kepala Lapas Kelas 1 Makassar.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Upaya menekan dan memutus penyebaran COVID-19 terus dilakukan. Seperti Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas 1 Makassar yang melaksanakan vaksinasi terhadap Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

Kepala Lapas Kelas 1 Makassar, Hernowo Sugiastanto, mengatakan pihaknya melaksanakan antisipasi sini agar COVID-19 tidak masuk Lapas. Semua warga binaan ditargetkan untuk divaksin.

Termasuk seorang warga binaan perkara tindak pidana terorisme berinisial W. W ikut divaksin bersama 647 warga binaan lainnya pada Jumat (27/8/2021) pekan lalu.

Hernowo mengatakan, W merupakan warga binaan yang dipidana selama empat tahun atas percobaan tindak pidana terorisme. W berada di Lapas Makassar sejak 8 Juni 2020. W merupakan warga binaan pindahan dari Rutan Depok.

"Dia (W) melakukan vaksin karena keinginannya sendiri, dukungan dari keluarga, serta motivasi dari petugas Lapas," kata Hernowo, Senin (30/8/2021).

Sementara itu, petugas Lapas Makassar, Supardi, selaku wali dari W mengatakan W sudah mengikuti program deradikalisasi tahap pertama. W mengikuti program deradikalisasi oleh BNPT secara virtual pada 19 Agustus 2021 di Lapas Makassar.

"Selaku Wali, saya sering berkomunikasi, memberikan edukasi dan pemahaman tentang pentingnya hidup damai dalam kerangka NKRI," kata Supardi.

Supardi mengatakan, W mulai menyadari bahwa sebagai bagian dari NKRI dia harus mengikuti aturan pemerintah, serta menjadikan vaksin ini bagian dari ikhtiar agar terhindar dari penularan COVID-19.

"Ketika saya dengar dia (W) ingin divaksin, saya menghubungi klinik agar diperiksakan kesehatannya," ucap Supardi.

Penulis : Syukur
#Lapas Kelas 1 Makassar