Minggu, 06 Juni 2021 22:34

Lawan Vietnam, Timnas Indonesia Pilih Jadi Penolong atau Penghancur?

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Evan Dimas dkk
Evan Dimas dkk

Kalau menang atas Vietnam, Timnas Indonesia bisa menolong Thailand atau Malaysia untuk lolos.

RAKYATKU.COM -- Setelah peluang tampil di Piala Dunia tertutup, Timnas Indonesia kini hanya memainkan dua peran terhadap tim lain di Grup G. Penolong atau penghancur.

Timnas baru saja menghancurkan harapan Thailand. Negeri Gajah Putih sedang butuh kemenangan untuk mengejar Vietnam dan Uni Emirat Arab yang menjadi pemuncak klasemen.

Ternyata Rachmat Irianto dkk yang menjadi juru kunci memaksa Thailand bermain imbang 2-2. Hasil imbang itu sangat menyakitkan bagi Thailand. Peluang untuk lolos ke babak berikutnya menjadi tipis.

Baca Juga : Bola Khusus Semifinal dan Final Piala Dunia 2022, Namanya Al Hilm

Thailand tinggal menyisakan dua pertandingan. Semuanya kuat; Malaysia dan Uni Emirat Arab. Andai menang lawan Indonesia, Thailand langsung menggeser Uni Emirat Arab di posisi runner up.

Besok, Senin (7/6/2021), Timnas Indonesia akan menghadapi pemuncak klasemen, Vietnam. Pertandingan digelar di Stadion Al Maktoum, Uni Emirat Arab.

Indonesia tinggal memilih, penolong atau penghancur. Jika membiarkan Vietnam memenangkan pertandingan, maka Vietnam sudah dipastikan lolos ke fase berikutnya. Apalagi masih menyisakan dua laga lagi.

Baca Juga : Pernyataan Menggetarkan Ronaldo setelah Menangis Portugal Tersingkir di Piala Dunia 2022

Pada sisi lain, membiarkan Vietnam menang sama artinya menghancurkan harapan Thailand dan Malaysia. Kedua tim kini sama-sama mengantongi sembilan poin. Sama-sama menyisakan dua pertandingan.

Untuk lolos, Thailand wajib menyapu bersih dua laga terakhir melawan UEA dan Malaysia. Dengan catatan, Vietnam kalah atau minimal seri di tiga laga sisa. Malaysia pun demikian. Sayangnya, satu dari dua laga sisa, harus menghadapi Vietnam.

Mampukah Timnas Indonesia menolong Thailand atau Malaysia? Rasanya sulit. Apalagi pertahanan Vietnam terkenal sulit ditembus. Skuad berjuluk Bintang Emas baru menderita satu gol kemasukan.

Baca Juga : Tite Resmi Mundur dari Timnas Brasil, Neymar Ikutan Pensiun?

Sebaliknya, lini bertahan Indonesia sangat rawan jebol. Rata-rata skuad Garuda menelan tiga gol kemasukan dalam setiap laga. Secara total, gawang timnas Indonesia sudah dijebol 18 kali oleh lawan dalam enam laga di Grup G.

Dari segi head to head, Indonesia masih unggul atas Vietnam dlam 24 kali pertemuan di semua ajang. Indonesia menang sembilan kali, sembilan kali imbang, dan enam kali menelan kekalahan.

Salah satu kekalahan Indonesia dari Vietnam terjadi di pertemuan pertama di kualifikasi Piala Dunia 2022. Di stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Indonesia kalah 1-3.

Baca Juga : Jangan Sampai Terlewat! Ini Jadwal Lengkap Delapan Besar Piala Dunia 2022

Dalam 10 pertemuan terakhir, Indonesia vs Vietnam berjalan sengit. Indonesia menang 2 kali, Vietnam 2 kali, dan 6 lainnya selesai imbang.

Laga Timnas Indonesia versus Vietnam berlangsung di Stadion Al Maktoum mulai pukul 00.45 wita. Laga itu disiarkan langsung SCTV.

10 Laga Terakhir Indonesia Vs Vietnam

Baca Juga : Kamu Bertanya-tanya Ronaldo Cadangan? Ini Alasannya

1. 15 Januari 2007 - Indonesia 1-1 Vietnam
2. 11 Juni 2008 - Indonesia 1-0 Vietnam
3. 15 September 2012 - Indonesia 0-0 Vietnam
4. 16 Oktober 2012 - Vietnam 0-0 Indonesia
5. 20 November 2014 - Vietnam 2-2 Indonesia
6. 22 November 2014 - Vietnam 2-2 Indonesia
7. 8 November 2016 - Vietnam 3-2 Indonesia
8. 3 Desember 2016 - Indonesia 2-1 Vietnam
9. 7 Desember 2016 - Vietnam 2-2 Indonesia
10. 15 Oktober 2019 - Indonesia 1-3 Vietnam

 

#Piala Dunia 2022 Qatar #indonesia v vietnam