Minggu, 25 April 2021 23:00

KRI Nanggala-402 Telat Ditemukan, Ternyata Kapal yang Digunakan Mencari Kurang Canggih

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
KRI Nanggala-402 Telat Ditemukan, Ternyata Kapal yang Digunakan Mencari Kurang Canggih

KRI Nanggala-402 ditemukan terbelah menjadi tiga bagian pada kedalaman 838 meter.

RAKYATKU.COM -- KRI Nanggala-402 terbelah tiga. Kecil kemungkinan awaknya selamat. Itu kesimpulan TNI AL atas hilang kontaknya kapal selam lawas buatan Jerman itu.

Ternyata, kapal selam itu tenggelam di sekitar lokasi hilang kontak. Posisinya berada pada kedalaman 838 meter. Pencarian berlangsung lama karena kapal yang digunakan tidak mampu mendeteksi sedalam itu.

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono menjelaskan, pada Minggu dini hari (25/4/2021) pukul 01.00 wita, KRI Regal yang sedang melakukan multibeam echosounder atau mengukur kedalaman laut dengan pemancar sonar, telah melakukan kontak bawah air di sekitar posisi tenggelamnya kapal.

Baca Juga : Lahir 7 Hari Setelah Kapal Selam Tenggelam, Warganet Sebut Putri Kru KRI Nanggala-402 Ini Sangat Mirip Ayahnya

KRI Nanggala-402, kata dia, pertama kali diketahui pada kedalaman 800 meter karena KRI Regal hanya mampu mengukur hingga batas tersebut.

Kemudian pengukuran pun dilakukan oleh NF Swift Rescue dari Singapura dan kontak bawah air tersebut diidentifikasi pada pukul 07.37 wita.

 

Dalam proses pencariannya, Swift Rescue menurunkan aerobi remotely operated underwater vehicle untuk menindaklanjuti kontak bawah air laut yang diberikan KRI Regal.

Baca Juga : Alat Salat Personel Ditemukan, KRI Nanggala-402 Diyakini Tenggelam ke Dasar Laut yang Dalam

Kemudian pada pukul 9.04 wita, didapatkan kontak visual pada posisi 074856,07 derajat 48 menit 56 detik selatan dan 114 derajat 51 menit 20 detik timur.

"Posisi tersebut tepatnya dari datum satu atau tempat tenggelamnya KRI Nanggala yang berjarak kurang lebih 1.500 yard di selatan pada kedalaman 838 meter," kata Yudo.

KRI Nanggala-402 diketahui terbelah menjadi tiga bagian. Akibatnya, seluruh awak kapal KRI Nanggala-402 yang berasal dari brevet Hiu Kencana sebanyak 53 orang pun dinyatakan gugur.

Baca Juga : Wali Kota Parepare Sampaikan Keprihatinan Musibah KRI Nanggala 402

Yudo mengatakan, pada hasil kontak visual tersebut, kapal selam KRI Nanggala-402 terbelah menjadi tiga bagian seperti pada bagian belakang kapal yang tidak berbadan tekan, buritan badan kapal, hingga bagian haluan yang terlepas.

Ia mengatakan, ada bagian kapal yang masih utuh tetapi terdapat bagian yang retak kecil.

"Bagian terbuka ini (Yudo menayangkan gambar) berserakan tidak terlalu jelas karena bawah laut tidak terang tadi pagi ini, bagian-bagian dari dalamnya kapal. Dan ini bagian terbuka dan lepas," ucapnya.

Baca Juga : Lantamal VI Lintas Agama Gelar Doa Bersama untuk Keselamatan KRI Nanggala-402

Lebih lanjut, Yudo mengatakan, dengan kondisi kapal selam yang berada pada kedalaman 838 meter, sangat kecil kemungkinan 53 awak kapal dapat diselamatkan.

"Tadi sudah disampaikan Panglima TNI rasa duka tentunya mereka menjadi korban dalam kejadian ini," pungkasnya.

 

#KRI Nanggala-402