Kamis, 01 April 2021 09:31

Masa Recovery 8 Hari, PSM Bisa Turun dengan Kekuatan Penuh saat Lawan PSIS Semarang

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Saldy berjibaku dengan pemain Borneo FC, Rabu (31/3/2021). (FOTO: DOK LIGA INDONESIA)
Saldy berjibaku dengan pemain Borneo FC, Rabu (31/3/2021). (FOTO: DOK LIGA INDONESIA)

PSM dan PSIS memiliki catatan positif di Piala Menpora 2021. Sama-sama belum terkalahkan.

RAKYATKU.COM -- PSM ketemu lawan tangguh di babak perempat final. PSIS Semarang. Tak terkalahkan dalam tiga laga Laskar Mahesa Jenar berstatus juara Grup A.

Pertandingan babak 8 besar dijadwalkan Jumat (9/4/2021). Artinya, PSM Makassar memiliki waktu yang cukup panjang untuk melakukan persiapan.

Rasyid Bakri dan kawan-kawan menuntaskan babak penyisihan Grup B, Rabu (31/3/2021). Sempat unggul 2-0, PSM akhirnya harus puas bermain imbang 2-2.

Baca Juga : Unggul Jumlah Pemain, Ini Alasan Pelatih PSM Makassar Perlambat Tempo Permainan

Hasil imbang itu tak menghentikan langkah anak asuh Syamsuddin Batola ke fase berikutnya. Mengoleksi 5 poin, PSM harus puas dengan status runner up.

Persija Jakarta yang telat panas akhirnya tampil sebagai juara grup. Secara dramatis, Marc Klok dan kawan-kawan mengalahkan Bhayangkara Solo FC 2-1 dalam laga pamungkas, Rabu malam.

 

Posisi itu membuat PSM ketemu juara Grup A, PSIS Semarang. Sementara Persija ditantang runner up Grup B, Barito Putera.

Baca Juga : Hujan Kartu, Laga PSM Lawan Persija Berakhir Imbang

PSM dan PSIS memiliki catatan positif di Piala Menpora 2021. Sama-sama belum terkalahkan. PSM bahkan membuat Persija mati kutu di laga perdana dengan skor 2-0. Dua laga lainnya melawan Bhayangkara Solo FC dan Borneo FC berakhir imbang.

PSIS sebaliknya. Membuka laga dengan hasil imbang 3-3 lawan Barito Putera, lalu menang pada dua laga berikutnya. PSIS Semarang mengalahkan Persikabo 1973 dengan skor 3-1. Terakhir memulangkan Arema FC berkat kemenangan 3-2.

Penampilan impresif PSIS terutama ditunjang striker tajam, Fandi Eko Utomo. Dia adalah putra mantan striker yang menjadi legenda Persebaya Surabaya, Yusuf Ekodono.

Baca Juga : Lawan PSM Makassar di Semifinal Piala Menpora, Persija Kapok Bikin Kesalahan Lagi

PSM tak kalah tajam. Selain Patrich Wanggai, Yakob Sayuri juga muncul sebagai predator di lini depan. Kecepatan larinya di atas rata-rata. Masih berusia 24 tahun, dia berpeluang masuk Timnas PSSI.

Makanya, pelatih PSM, Syamsuddin Batola optimistis menatap babak delapan besar. Walau 100 persen pemain lokal, anak-anak Pasukan Ramang mampu menunjukkan taji di Piala Menpora 2021.

Satu hal saja yang akan dibenahi Syamsuddin yakni konsentrasi pemain. Saat lawan Borneo FC, PSM sudah unggul 2-0 saat pertandingan baru 25 menit. Namun, pemain lengah setelah itu sehingga Borneo berhasil menyamakan kedudukan.

Baca Juga : "Ewako!" Pelatih Syamsuddin Batola Buka Rahasia, PSM Akan Main Keras Lawan Persija

"Saya akan terus mengingatkan pemain bahwa kita harus berkonsentrasi 2x45 menit. Lengah sedikit saja, bisa berbuah petaka," kata mantan bek andalan PSM ini.

 

Penulis : Usman Pala
#psm v psis #Piala Menpora 2021