Jumat, 12 Maret 2021 13:13

Mulai 1 April, Google Meet Gratis Bakal Dibatasi 60 Menit

Fathul Khair Akmal
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Google Meet (monticellllo/stock.adobe.com)
Google Meet (monticellllo/stock.adobe.com)

Mulai 1 April 2021, pengguna yang tidak berlangganan hanya bisa melakukan panggilan video grup berdurasi satu jam (60 menit) per sesi.

RAKYATKU.COM - Google akan membatasi durasi telekonferensi video grup di Meet bagi pengguna gratis. Nanti dibatasi tinggal 60 menit per sesi.

Dalam keterangan di laman pricing Meet, pengguna gratisan hanya dapat menikmati layanan video conferencing unlimited hingga 31 Maret 2021 mendatang.

Sekadar informasi saja, pengguna gratisan platform Google Meet masih bisa menikmati layanan video conferencing grup secara cuma-cuma dengan waktu yang tidak terbatas alias unlimited hingga 24 jam.

Artinya, mulai 1 April 2021, pengguna yang tidak berlangganan hanya bisa melakukan panggilan video grup berdurasi satu jam (60 menit) per sesi. Dengan peserta maksimum hingga 100 orang dikutip dari kompas.com.

Kendati durasinya dibatasi, Google masih tidak memberikan batasan pada jumlah sesi video conferencing yang dapat dilakukan pengguna gratisan dalam sehari.

Dengan kata lain, pengguna gratisan masih bisa membuat sesi telekonferensi video lagi jika durasinya habis, sebanyak maksimal 24 kali dalam satu hari.

Selain itu perlu dicatat juga bahwa durasi video teleconferencing one-on-one atau dengan peserta maksimum dua orang, masih dapat menikmati layanan panggilan video unlimited hingga 24 jam.

Dengan pembatasan durasi telekonferesi video grup ini, Google akan bergabung dengan Zoom yang melakukan hal serupa.

Zoom sendiri membatasi durasi video conferencing grup 40 menit per sesi bagi pengguna yang tidak berlangganan. Sedangkan untuk one-on-one, Zoom juga memberikan layanan unlimited untuk pengguna gratisan.

#Asisten Google