Sabtu, 27 Februari 2021 21:10

Bebas atau Bersalah, Kasus OTT KPK Bisa Gerus Peluang Nurdin Abdullah di Pilgub

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Nurdin Abdullah. (Foto: Detik)
Nurdin Abdullah. (Foto: Detik)

Jika pada akhirnya Nurdin dibebaskan, waktu kurang lebih dua tahun masih bisa dimanfaatkan untuk meyakinkan masyarakat ataupun partai politik untuk kembali meminangnya.

RAKYATKU.COM - Kasus kpk">operasi tangkap tangan (OTT) oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang ikut menjerat Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Nurdin Abdullah, bisa berdampak panjang. Termasuk pada karier politik sosok bergelar profesor itu.

Pandangan itu datang dari pengamat politik Universitas Hasanuddin, Andi Ali Armunanto. Menurutnya, kasus penangkapan Nurdin Abdullah oleh KPK akan menggerus pada peluang untuk kembali bertarung di pada pemilihan gubernur (pilgub) nanti.

Anto, sapaan akrabnya, mengatakan bahwa kasus dugaan korupsi yang menyeret nama Nurdin akan memberikan preseden buruk meskipun pada akhirnya dinyatakan tidak bersalah atau bebas.

Baca Juga : Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron Jadi Penguji, Imran Eka Saputra Resmi Sandang Gelar Doktor Hukum

"Namun, jika kemudian pada akhirnya dinyatakan tidak bersalah, Gubernur Sulsel tentu masih memiliki waktu untuk membersihkan namanya," ucap Anto, Sabtu (27/2/2021), seperti dikutip dari Tempo.

Anto menjelaskan, jika pada akhirnya Nurdin dibebaskan, waktu kurang lebih dua tahun masih bisa dimanfaatkan untuk meyakinkan masyarakat ataupun partai politik untuk kembali meminangnya.

Demikian pun sebaliknya, kata dia, jika pada akhirnya KPK menetapkan sebagai tersangka, apalagi dinyatakan bersalah, tentu peluang untuk kembali bertarung akan berakhir.

Baca Juga : Wakil Ketua KPK Hadiri Kuliah Umum Pendidikan Antikorupsi Fakultas Hukum Unhas

"Jadi intinya publik akan menunggu proses hukumnya seperti apa. Saya kira dalam dua hari ini, akan kita ketahui bersama seperti apa kelanjutan kasus tersebut," tuturnya.

Sponsored by MGID

"Jika dinyatakan tidak bersalah, maka Nurdin Abdullah tentu harus segera membersihkan namanya karena kasus korupsi berdampak besar," sambungnya.

#OTT KPK #KPK #Nurdin Abdullah