Selasa, 29 Desember 2020 16:58

Herwin Bahar-Hendra Nick Arthur Pimpin AMSI Periode 2020-2023

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Konferwil AMI Sulsel digelar di Kantor Terkini.id, Jalan Mappoddang, Kota Makassar, Selasa (29/12/2020).
Konferwil AMI Sulsel digelar di Kantor Terkini.id, Jalan Mappoddang, Kota Makassar, Selasa (29/12/2020).

Herwin Bahar dan Hendra Nick Arthur yang merupakan ketua dan sekretaris periode sebelumnya (2017-2020) terpilih kembali secara aklamasi setelah melalui proses musyawarah.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Konferensi Wilayah (Konferwil) II Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Sulawesi Selatan sukses digelar, Selasa (29/12/2020).

Konferwil II yang dihadiri 12 perwakilan media siber anggota AMSI Sulsel tersebut menetapkan Herwin Bahar dari media Lintasterkini.com dan Hendra Nick Arthur dari Kabartoraya.com sebagai Ketua dan Sekretaris AMSI Sulsel periode 2020-2023.

Herwin dan Hendra yang merupakan ketua dan sekretaris periode sebelumnya (2017-2020) terpilih kembali secara aklamasi setelah melalui proses musyawarah.

Baca Juga : Warga Bisa Jadi Pewarta, Pengelola Media Online Mesti Jaga Idealisme dan Profesionalisme

Konferwil yang digelar di Kantor Terkini.id, Jalan Mappoddang, Kota Makassar, secara daring via google meet, juga mengamanahkan sepenuhnya kepada ketua dan sekretaris terpilih untuk segera membentuk pengurus AMSI 2020-2023 dan melaksanakan rapat kerja.

Dalam konferwil ini, Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut, dalam sambutannya secara virtual mengungkapkan peran AMSI untuk mewujudkan ekosistem digital yang sehat, dengan konten-konten yang berpihak pada kepentingan nasional.

 

"Kita tahu, bahwa kondisi ekosistem digital saat ini, setidaknya 75 hingga 80 persen distribusi konten itu dikendalikan oleh tech company seperti google, facebook. Namun kita tetap berkewajiban menjaga jurnalisme dan memelihara keadaban publik. Oleh karenanya, sampai kapanpun dan dalam suasana apa pun senantiasa tunduk pada Undang-undang Pers, kode etik junalistik, dan pedoman pemberitaan media siber," terangnya.

Baca Juga : Kadis Kominfo Sulsel Jadi Pembicara di AMSI, Tiba-Tiba Dapat Kabar Ayahnya Meninggal

Karena itu, Ikhtiar terbaik AMSI, kata Wenseslaus, adalah tetap teguh mempertahankan jurnalisme pada ekosistem yang baru itu, dan ikut pula mengambil peran menyehatkan ekosistem dunia digital secara keseluruhan.

Sponsored by MGID

Korwil AMSI Indonesia Timur, Upi Asmaradhana, menyampaikan media siber masa kini harus membangun kolaborasi demi bisa bertahan dan bersaing di tengah menjamurnya produsen konten di platform digital.

Melalui AMSI, media siber yang berhimpun didorong untuk menjaga kualitas dan profesionalisme dengan melakukan sertifikasi, mengikuti uji kompetensi hingga diakui Dewan Pers.

Baca Juga : Rumuskan Indikator Kepercayaan Media Digital, AMSI Libatkan Akademisi, Pemerintah, dan Ornop di Makassar

Konferwil AMSI juga turut dihadiri Founder terkini.id, Adhi Santoso, yang menyampaikan harapannya kepada pengurus AMSI selanjutnya untuk menjalankan program-program yang bisa memberdayakan para anggota AMSI. Selaku tuan rumah, Adhi Santoso menyampaikan terima kasih telah menjadi bagian dalam menyukseskan Konferwil tersebut.

Sponsored by advertnative
 
#AMSI #AMSI Sulsel