Sabtu, 26 Desember 2020 07:34

8 Manfaat Water Heater bagi Kehidupan

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Foto: ProductNation.
Foto: ProductNation.

Water heater juga sudah digunakan di berbagai tempat lainnya seperti kantor, hotel, maupun gedung yang membutuhkan air hangat secara terus-menerus.

RAKYATKU.COM - Saat ini, kebutuhan dan jenis alat elektronik rumah tangga sudah makin berkembang. Karena itu, banyak keluarga di era sekarang yang lebih selektif memilih elektronik rumah tangga sesuai dengan kebutuhan keluarganya.

Jika dahulu hanya mengenal elektronik rumah tangga seperti mesin cuci, TV, AC, dan sebagainya. Sekarang, kebutuhan elektronik rumah tangga menjadi lebih luas lagi jenisnya, salah satunya adalah penggunaan water heater yang makin diminati oleh banyak keluarga.

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan alat rumah tangga yang satu ini. Water heater ini merupakan mesin yang dapat membantu menyediakan kebutuhan air hangat bagi keluarga.

Alhasil, water heater sekarang ini menjadi alat elektronik rumah tangga yang wajib dimiliki oleh sebagian besar keluarga. Water heater juga sudah digunakan di berbagai tempat lainnya seperti kantor, hotel, maupun gedung yang membutuhkan air hangat secara terus-menerus.

Dengan banyaknya jenis dari alat water heater ini, Anda dapat memilihnya sesuai selera dan yang paling tepat untuk digunakan buat keluargamu ketika ingin membelinya.

Sebelum itu, Anda juga wajib mengetahui manfaat-manfaat yang bisa diberikan water heater.

 

Manfaat utama dari water heater sendiri adalah membuat air agar menjadi hangat atau dingin. Hal ini tentu menjadi penting dan sejalan dengan kebutuhan masyarakat yang emakin menginginkan alat ini.

Apalagi, untuk daerah perkotaan yang sangat membutuhkan apa saja serba instan, termasuk ketika ingin mandi air hangat.

Adapun, produk water heater mempunyai dua tipe. Tipe yang pertama menggunakan solar cell atau tenaga surya dan tipe kedua menggunakan listrik. Pastikan kamu memilih yang cocok dengan kebutuhan untuk menghindari pengeluaran yang berlebih.

Pasalnya, water heater bukan termasuk alat elektronik tangga yang bisa kamu dapatkan dengan harga murah.

Meski begitu, water heater ini termasuk alat elektronik rumah tangga yang sangat membantu sekali untuk menghasilkan air hangat dengan cepat. Sehingga kamu akan mendapatkan air hangat yang tepat, yang dapat langsung digunakan untuk mandi mandi tanpa harus repot menyiapkannya.

Tentunya Anda tidak ingin menyia-nyiakan dana yang dimiliki hanya untuk mendapatkan produk tidak berkualitas. Jadi pastikan membeli water heater yang berkualitas sehingga awet digunakan dalam jangka waktu lama.

Ada banyak manfaat yang didapatkan dari mandi menggunakan air hangat. Hal ini tentunya akan lebih praktis jika kamu telah memiliki water heater. Nah, berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan memiliki water heater untuk kebutuhan air hangat di rumahmu!

1. Lebih Hemat
Banyak orang yeng mengira bahwa menggunakan water heater akan memakan biaya listrik yang cukup besar. Memang, ada beberapa produk water heater yang punya kapasitas tangki sangat besar sehingga membutuhkan daya listrik yang sama besarnya. Meski begitu, ternyata ada juga beberapa mesin water heater yang punya kapasitas 30 liter sehingga ideal untuk kebutuhan rumah.

Pada dasarnya, water heater listrik tidak akan membuat tagihanmu membengkak jika digunakan secara efisien, Selain itu, produk water heater biasanya juga telah disertai garansi serta petunjuk bagaimana cara menggunakan water heater dengan baik.

2. Aman untuk Bayi
Air hangat yang diproses melalui mesin water heater ini cenderung lebih aman dibandingkan dengan kompor gas. Biasanya water heater memiliki pelapis anti bocor serta sistem keamanan yang berlapis untuk melindungi pemanasan.

Hal ini tentu berbeda dengan air hangat yang dihasilkan kompor gas karena tidak punya pelindung anti bocor sehingga dan fitur keamanan lainnya sehingga lebih berbahaya bagi bayi. Dengan menggunakan water heater, keluarga kamu sudah selangkah lebih aman dan nyaman dalam memenuhi kebutuhan air hangat.

3. Lebih Praktis Dalam Persediaan Air Panas
Pada saat-saat tertentu, misalnya saat tubuh terasa penat atau saat pikiran terasa “kusut”, mandi air panas juga terasa menyenangkan. Adanya alat pemanas air yang semakin praktis membuat ketersediaan air panas semakin mudah.

Anda pun kemudian dimanjakan dengan kemudahan ini. Bahkan ada yang kemudian merasa tubuhnya tidak bisa lagi menerima guyuran air dingin karena selalu mandi air panas. Memang, mandi air panas memiliki sejumlah manfaat.

Mulai dari membuat tubuh rileks, meredakan sakit kepala, sampai memperbaiki kesehatan jantung. Water heater ini akan membantu kamu dalam menyediakan air panas dengan mudah dan praktis.

Sebagaimana diketahui air panas baik untuk kesehatan seperti penyakit kulit seperti kudis, kurap dan yang lainnya. Sehingga air panas ini menjadi solusi untuk kesejahteraan hidup keluarga.

Sudah banyak orang tahu, bahwa mandi dengan air hangat dapat melepas stress, karena air hangat dapat merelaksasi otot-otot yang tegang dan lelah. Penggunaan air hangat untuk mandi, juga dapat mengatasi insomnia. Dan dengan penggunaan yang tepat, mandi air hangat membuat kulit lebih awet muda.

4. Meningkatkan Kualitas Hidup
Dengan menggunakan air panas untuk mandi, maka kamu sudah melakukan cara hidup sehat untuk awet muda dan terhindar dari penyakit. Penggunaan water heater ini lebih praktis dan nyaman, kamu tidak perlu memasak air lagi untuk keperluan mandi atau yang lainnya.

Dengan begini, kualitas hidup kamu pun akan secara otomatis meningkat. Dengan demikian, memiliki water heater ini juga merupakan salah satu cara terbaik yang dapat dilakukan untuk membuat hidup kamu lebih sehat dan bebas dari penyakit.

Sehingga kamu dapat memulai hidup sehat dengan persediaan air hangat yang lebih praktis. Tidak hanya mereka yang tinggal di daerah dingin, kebanyakan orang saat ini sudah terbiasa mandi menggunakan air hangat. Selain itu, semua hotel dan apartemen sekarang hampir pasti memiliki fasilitas air hangat yang bisa didapat dari water heater.

Hal tersebut merupakan fasilitas untuk memenuhi kebutuhan semua pengunjungnya. Menggunakan water heater sudah bukan merupakan hal yang asing, terutama bagi mereka yang tinggal di perkotaan.

5. Mencuci Peralatan Masak
Peralatan masak seperti wajan penggorengan sering kali berlemak. Mencuci dengan menggunakan air hangat adalah cara untuk mencegah wajan penggorengan menjadi berkerak. Sementara jika wajan sudah berkerak, kamu bisa membersihkannya menggunakan air panas dan larutan garam untuk merendamnya.

Dengan begitu, kerak-kerak tersebut dapat terlepas dari permukaan wajan. Pada momen seperti ini, water heater akan sangat kamu butuhkan untuk membersihkan berbagai peralatan masak dengan lebih praktis dan efisien.

6. Mencuci Peralatan Makan
Mencuci peralatan makan bisa menjadi lebih steril dengan menggunakan air hangat. Dikombinasikan dengan sabun, air hangat mampu membersihkan virus dan bakteri lebih baik dari pada menggunakan air dengan suhu dingin. Minyak membandel pada piring dan peralatan makan lainnya pun lebih mudah terangkat.

7. Mencuci Pakaian
Mencuci pakaian dengan bahan yang keras seperti celana jeans atau berbahan kanvas, akan lebih sulit, terutama untuk menghilangkan nodannya. Merendamnya dengan menggunakan air panas dan garam, akan lebih mudah mengangkat noda, tanpa harus merusak bahan kain atau memudarkan warna.

Dengan menggunakan water heater, mencuci pakaian dengan bahan seperti itu akan lebih praktis. Kamu dapat mengatur suhu air yang dibutuhkan water heater akan menghasilkan suhu air dengan stabil.

8. Membersihkan Lantai
Tahukah Anda bahwa membersihkan lantai dengan air hangat dapat membuat lantai lebih berkilau? Yap, membersihkan air hangat tidak hanya membuat lantai jadi lebih bersih dan steril, namun juga dapat membuat lantai rumahmu tampak berkilau.

Jika Anda menggunakan lantai berbahan marmer atau granit, kamu harus mulai berpikir untuk mempunyai water heater. Pasalnya, agar lantai dari marmer dan granit bisa lebih terawat adalah dengan membersihkannya dengan air hangat.

Dengan menggunakan water heater, Anda tidak perlu susah payah harus memanaskan air terlebih dahulu di atas kompor untuk kegiatan membersihkan lantai. Membersihkan lantai akan jauh lebih mudah, sehingga lantai rumahmu selalu tampil bersih dan berkilau.

Selain mandi air hangat, banyak orang yang juga percaya bahwa mandi air dingin pun sama bermanfaatnya. Mulai dari membuat tubuh lebih segar, meningkatkan kesuburan, sampai menurunkan resiko darah tinggi. Karena mandi air dingin maupun hangat sama-sama memiliki manfaat, mandilah air panas seperlunya.

Meskipun, mandi air hangat terasa lebih nyaman dan kamu bisa mendapatkan air panas dengan mudah menggunakan water heater. Pada pagi hari, sebaiknya gunakan air panas hanya ketika kamu harus mandi sebelum matahari terbit atau saat udara memang sedang dingin.

Berikut ini beberapa tips yang perlu Anda lakukan saat mandi air hangat dengan water heater agar tubuh tetap segar dan sehat:

Mandi Pagi
Apabila kamu mandi pukul 7, pakai saja air dingin. Di penghujung pekan, saat Anda tidak perlu mandi terlalu pagi, mandilah air dingin. Atur pendingin udara di kamarmu agar mati secara otomatis 1-2 jam sebelum Anda bangun.

Jadi saat bangun, tubuh Anda tidak terasa terlalu dingin. Langkah ini lebih baik ketimbang kamu menyetel AC sampai saat bangun, lalu Anda bangun dengan tubuh kedinginan sehingga merasa perlu mandi air hangat.

Suam-Suam Kuku Saja
Mungkin ada saat-saat tertentu, Anda merasa badan sangat letih dan ingin berendam dalam air yang panas. Boleh-boleh saja hal ini dilakukan sesekali. Namun, untuk penggunaan sehari-hari, sebaiknya hindari air yang terlalu panas. Cukup air hangat atau suam-suam kuku.

Jangan Terlalu Sering Mandi Dengan Air Panas
Terlalu sering mandi menggunakan air yang terlalu panas juga ternyata bisa memberikan efek buruk, seperti membuat kulit kering dan merusak rambut. Dengan mandi air panas seperlunya, selain terhindar dari efek buruknya, Anda juga menghemat penggunaan daya, entah gas ataupun listrik.

Pada dasarnya, ada beberapa hal yang harus kamu pikirkan sebelum memutuskan membeli water heater. Lebih baik melakukan pertimbangan dengan matang sebelum membeli untuk mendapatkan produk water heater berkualitas terbaik.

Hal ini sangatlah penting agar water heater yang dibeli tetap awet dan dapat digunakan dalam waktu yang. Penggunaan water heater yang sangatlah praktis merupakan alasan mengapa alat ini sangatlah dibutuhkan oleh banyak orang, terutama yang selalu sibuk dengan rutinitas sehari-hari.

Terlepas dari hal tersebut, yang terpenting adalah memiliki water heater sehingga bisa mendapatkan kebutuhan air hangat dalam waktu yang cepat. Well, semoga informasi ini bermanfaat!

#Water Heater