Kamis, 15 Oktober 2020 11:01

TMMD 109 Bulukumba Ajarkan Ketulusan, Cinta dan Kekerabatan

Adil Patawai Anar
Konten Redaksi Rakyatku.Com
TMMD 109 Bulukumba Ajarkan Ketulusan, Cinta dan Kekerabatan

“Hujan kehujanan, panas kepanasan, kalau niat yang tulus ikhlas itu tidak akan pengaruhi semangat kerja, karena dengan semangat dan kebersamaan kerjaan akan cepat selesaikan target,”

BULUKUMBA - Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-109 Kodim 1411 Bulukumba Dusun Bugayya Desa Kindang Kec. Kindang Kab. Bulukumba, banyak memberikan nilai positif bagi warga setempat.

Berkat hal itu, sejumlah pengerjaan terlaksana dengan tepat dan baik. Kemudahan terus menghampiri, karena adanya ketulusan dan kebersamaan.

Salah seorang warga Dusun Bugayya Desa Kindang, Andi Arfah mengatakan berkat kebersamaan dan ketulusan hati, seluruh proses pekerjaan yang dirasa berat menjadi lebih mudah dan segera terselesaikan.

Baca Juga : 

“Hujan kehujanan, panas kepanasan, kalau niat yang tulus ikhlas itu tidak akan pengaruhi semangat kerja, karena dengan semangat dan kebersamaan kerjaan akan cepat selesaikan target,” ujarnya, Rabu (14/10!2020).

Kehadiran Satgas TMMD Bulukumba menjadi kebahagiaan tersendiri bagi warga setempat. Banyak cerita indah yang tersaji. Terjalin dalam bingkai kebersamaan dan persaudaraan.

“Kami di sini sangat gembira atas kehadiran Satgas TMMD ke-109 Kodim 1411 Bulukumba. Pembangunan Jalan sepanjang 750 meter sudah bisa dilewati pejalan kaki oleh warga dusun Bugayya dimana jalan tersebut menghubungkan 2 kecamatan yakni kecamatan kindang dan kecamatab Bulukumpa, "Tambah Andi Arfah.

Wadan Satgas TMMD dan selaku Koordinator Lapangan Kapten Kav Andi Mapparanru, mengucapkan terima kasih atas semangat masyarakat Dusun Bungayya dan dedikasi yang ditunjukkan untuk mengerjakan sasaran fisik.

“Saya berterima kasih atas semangat dan dedikasi warga masyarakat Dusun Bungayya, dalam membantu pekerjaan program TMMD ini dan akhirnya bersama-sama dapat melaksanakan pekerjaan jalan sepanjang 750 meter dan talud sepanjang 550 meter”, ujarnya.

TMMD Ajarkan Nilai Kemanusiaan dan Keteladanan

Keberhasilan dan kesuksesan pelaksanaan TMMD Bulukumba tidak hanya dinilai dari penyelesaian sasaran fisik maupun non fisik saja, namun lebih dari itu yakni nilai-nilai kemanusiaan melalui jejak keteladanan sikap serta tindakan yang kelak akan ditinggalkan setelah semua tugas TNI di Desa Kindang, Kecamatan Kindang, Kabupaten Bulukumba.

“Sebuah kebaikan kecil yang dilakukan seorang prajurit akan menjadi sebuah kebaikan yang sangat besar bagi TNI, karena memang seharusnya kita berlaku begitu kepada rakyat dan yakinlah karena rakyat pasti akan mengingatnya,” Ujar, Serma Rustan, salah seorang personel TNI.

Ia menjelaskan, selama 23 hari melaksanakan tugas dan hidup di tengah-tengah rakyat, ada jejak kebaikan dan keteladan sikap yang harus ditinggalkan dan akan sangat berarti bila semua itu dicontoh dan ditiru sehingga tujuan lain dari pelaksanaan TMMD, pesanya akan sampai.

“Semua bisa dimulai dari hal-hal yang kecil dan sederhana karena hal yang besar atau luar biasa dimulai dari hal kecil dan sederhana,” jelasnya.

Warga Sudah Menjadi Keluarga Sendiri

TMMD 109 Bulukumba ini pun mengajarkan kebersamaan dan kesederhanaan. Para Personel Satgas TMMD ke-109 Kodim 1411 Bulukumba, bahkan telah menjadi bagian dari masyarakat setempat. Makan bersama, bercanda ria di sela-sela perintisan jalan dan pembuatan talud.

Anggota Satgas menyantap makanan dan minuman yang telah disediakan warga setempat di sela-sela istirahat. Mereka larut dalam suasana kebersamaan dan kekeluargaan.

Suasana kekeluargaan tersebut menggambarkan tidak adanya sekat diantara mereka, dari prajurit Satgas TMMD dan masyarakat, pendekatan humanis yang dilakukan Satgas TMMD berhasil diterima baik oleh warga.

"Terbukti partisipasi kehadiran warga masyarakat setiap hari sangat banyak untuk membantu kegiatan TMMD," kata Kapten Kav Andi Mapparanru selaku Dan SSK TMMD Kodim 1411 Bulukumba.

Andi Baso warga setempat mengutarakan rasa senangnya kepada anggota Satgas TMMD Kodim 1411 Bulukumba." Saya berjanji dengan tulus dan ikhlas membantu Bapak Bapak TNI membangun Desa ini,"

katanya.

Ia menyebutkan melimpahnya warga yang turut membantu kegiatan TMMD Kodim 1411 Bulukumba, disebabkan karena kesadaran warga dan rasa senangnya warga kepada kepedulian TNI terhadap pembangunan dan mau peduli dengan rakyat kecil, maka pekerjaan akan cepat selesai sesuai target.

#Kodim 1411 Bulukumba