Sabtu, 19 September 2020 21:02

WhatsApp Web akan Bisa Login Pakai Sidik Jari

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Cara baru untuk masuk ke WhatsApp Web dan desktop ini memiliki beberapa keuntungan. Salah satunya, cara ini diklaim jauh lebih aman dan menghilangkan risiko dari tangan jahil menemukan ponsel dan masuk ke akun kalian.

RAKYATKU.COM - Login WhatsApp di web atau desktop akan bisa dengan satu sentuhan. Meski WhatsApp paling umum digunakan di ponsel, cukup banyak juga yang menggunakan WhatsApp Web sehingga fitur ini dipertimbangkan hadir di WhatsApp untuk desktop.

Karena chat di WhatsApp masih bergantung dengan nomor telepon, handset tetap harus ada di dekat laptop atau komputer untuk otentikasi sebelum dapat masuk ke WhatsApp Web.

Selama ini metode otentikasi yang digunakan adalah dengan penggunaan kamera ponsel untuk memindai kode QR di layar agar bisa mengakses akun.

Baca Juga : WhatsApp Tak Bisa Kirim Pesan, Pengguna Mengeluh di Twitter

Meski metode menggunakan kode QR ini tidak terlalu rumit, tetap harus melepaskan tangan dari mouse dan keyboard, mengambil ponsel, kemudian mencocokkan kodenya dengan lensa kamera.

Kalau cara itu dirasa masih menjengkelkan, fitur login yang baru akan menjawab kerepotan ini. Berdasarkan bocoran terbaru dari WABetaInfo, dalam versi beta teranyar aplikasi WhatsApp untuk Android, ada fitur yang menunjukkan fungsi untuk login menggunakan sidik jari. Fungsi ini sebelumnya sudah ada di WhatsApp untuk smartphone.

Cara baru untuk masuk ke WhatsApp Web dan desktop ini memiliki beberapa keuntungan. Pertama, cara ini diklaim jauh lebih aman dan menghilangkan risiko dari tangan jahil menemukan ponsel dan masuk ke akun kalian.

Baca Juga : WhatsApp Luncurkan Fitur Baru: Kapasitas Grup Meningkat, Bisa Kirim File hingga 2 GB

Kedua, metode ini jauh lebih cepat karena hanya dengan menyentuh ponsel saja. Lebih nyaman daripada harus mengambil ponsel dan mencocokkan kode QR dengan kamera.

Namun seperti biasa, bocoran dari WABetaInfo sulit diprediksi kapan fitur tersebut bisa dipakai semua pengguna WhatsApp Web. Atau bisa jadi fungsi ini berhenti sebatas uji coba.

#WhatsApp #whatsapp web