Sabtu, 15 Agustus 2020 15:36

Kwarcab Gerakan Pramuka Gowa Gelar Aksi Donor Darah

Redaksi
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Foto: IST
Foto: IST

Donor darah ini sebagai salah satu rangkaian HUT Gerakan Pramuka mengingat stok darah saat ini mengalami kelangkaan.

GOWA - Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Gowa bekerjasama sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Gowa menggelar aksi Donor Darah di Baruga Karaeng Galesong Kantor Bupati Gowa, Sabtu (15/8).

Sekretaris Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Gowa, Syahrir Rajab mengatakan kegiatan Donor Darah ini sebagai rangkaian dari peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-59 Gerakan Pramuka.

"Jadi ini masih rangkaian dari Hari Pramuka oleh karena Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Gowa bersama Kwartir Nasional telah menetapkan Agustus itu adalah bulan bakti bulan Pramuka," ujarnya di sela-sela pelakasanaan.

Baca Juga : 2023, Ekonomi Kabupaten Gowa Tumbuh Positif

Lanjutnya, Donor Darah ini dipilih sebagai salah satu rangkaian HUT Gerakan Pramuka karena ia menilai bahwa saat ini darah sangat dibutuhkan. Mengingat stok darah saat ini juga mengalami kelangkaan.

"Ini adalah alternatif yang kita tawarkan supaya betul-betul kita bisa memberikan sumbangsih yang terbesar bagi kehidupan kita," kata Syahrini Rajab.

Kegiatan donor darah ini dibuka secara umum untuk masyarakat Kabupaten Gowa yang ingin mendonorkan darahnya. Dirinya menargetkan kegiatan ini bisa mengumpulkan 100 kantong darah.

Baca Juga : Wabup Gowa Buka Musrenbang RKPD: Rencana Pembangunan 2025 Harus Tepat dan Strategis

"Saya berharap ini akan memberikan pendidikan kembali lagi kepada kita semua bahwa kita harus berbagi antar sesama satu dengan yang lainnya," harapnya.

Kegiatan donor darah ini mendapat dukungan dari Pemerintah Kabupaten Gowa, salah satunya dari Dinis Pendidikan Kabupaten Gowa. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Gowa, Dr. Salam mengaku telah mengarahkan guru-guru di Gowa untuk ikut berpartisipasi menyumbangkan darahnya.

"Kurang lebih 100 guru kita kerahkan untuk ikut donor darah, baik dari dataran tinggi maupun dari dataran rendah. Mereka sementara perjalanan ke sini," ujarnya.

Baca Juga : Masyarakat Biringbulu Sambut Bahagia Pos Pelayanan Publik

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Gowa, Syamsuddin Bidol yang juga Wakil Ketua PMI Kabupaten Gowa Bidang Bencana mengapresiasi kegiatan ini. Menurutnya kegiatan ini tentu akan membantu ketersediaan darah di PMI.

#Pemkab Gowa