Kamis, 16 Mei 2019 00:45

Nuansa Kampung Ramadan, Bangkitkan Ekonomi Warga Takalar

Mays
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Suasana Kampung Ramadhan di Taman Kota Takalar.
Suasana Kampung Ramadhan di Taman Kota Takalar.

Bulan Ramadan 1440 H yang penuh berkah ini, menjadi peluang setiap umat muslim untuk beribadah dan mempertebal keimanan kepada Allah SWT.

RAKYATKU.COM, TAKALAR - Bulan Ramadan 1440 H yang penuh berkah ini, menjadi peluang setiap umat muslim untuk beribadah dan mempertebal keimanan kepada Allah SWT.

Tak terkecuali dalam memanfaatkan peluang-peluang rezeki di bulan yang  penuh magfirah ini.

Nuansa Kampung Ramadan merupakan ide kreatif  Dinas Perdagangan Kabupaten Takalar, yang menggaet IKAPPI (Ikatan Pedagang Pasar Indonesia) dan APKI (Asosiasi Pedagang Kaki Lima Indonesia) untuk menyelenggarakan pasar Kampung Ramadan di Taman Kota, Takalar.

Kepala Dinas Perdagangan melalui Kabid Perdagangan Disperindag Nuriksan Nurdin mengatakan, kegiatan ini bertujuan memudahkan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sehari selama Ramadan, seperti takjil, makanan berbuka puasa, perlengkapan ibadah salat, pameran mobil, pakaian dan lain-lainnya.

“Selain itu, Kampung Ramadan ini juga diharapkan dapat mengukur animo masyarakat Takalar, sekaligus daya beli dan pangsa pasar yang terkait,” kata Nuriksan Nurdin.

"Usai Ramadan ada aktivitas ekonomi yang serupa nantinya di luar bulan-bulan Ramadan, sehingga kantong ekonomi seperti pasar, pusat kuliner, kerajinan dan lain-lain sehingga bisa  menjadi penahan uang Takalar, berputar di Takalar sendiri," tambahnya.

Lebih jauh mantan Kabid GTK Diknas Takalar juga menjelaskan, aktivitas Kampung Ramadan merupakan akselerasi percepatan ekonomi masyarakat Takalar, karena konsentrasi pada pengembangan potensi kuliner menarik minat masyarakat di luar Takalar.

“Untuk itu kita memanfaatkan potensi produk dan pelaku UKM  dan pasar Takalar,” jelas Iccang Bro, sapaan akrab Nuriksan Nurdin yang juga salah satu pengurus ISEI (Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia).

Iccang menambahkan, Kampung Ramadan ini melibatkan semua unsur termasuk Tim Penggerak PKK, Dekranasda Kabupaten Takalar, Tim Dharma Wanita kabupaten Takalar dan ibu–ibu dari Forkopimda se-Kabupaten Takalar.

“UKM di setiap kecamatan, dealer elektronik, motor dan mobil. Kegiatan ini juga diisi berbagai lomba diantaranya lagu religi, lomba da’i serta kegiatan lomba lainnya yang bernuansa Islam,” tutupnya.