Senin, 22 Juli 2024 14:31

Penjabat Ketua PKK Sulsel Ninuk Zudan Launching Layanan Konseling Keluarga Salimah

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Penjabat Ketua PKK Sulsel Ninuk Zudan Launching Layanan Konseling Keluarga Salimah

"Semua anak sama dan berhak untuk merasakan kebahagiaan. Untuk itu, mari kita bahagiakan anak-anak kita dan bersama-sama menyukseskan Hari Anak Nasional Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan"

RAKYATKU.COM, MAKASSAR – Pj Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), Ninuk Triyanti Zudan, meluncurkan Layanan Konseling Keluarga Salimah dalam rangka Hari Anak Nasional, yang dilaksanakan PW Persaudaraan Muslimah (Salimah) Provinsi Sulsel, di Jalan Goa Ria, Kecamatan Biringkanaya, Kota Makassar, Minggu, 21 Juli 2024.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Salimah Sulsel bekerja sama dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (DP3A Dalduk KB) Sulsel, tanggal 20-21 Juli 2024. Beberapa rangkaian yang dilaksanakan, diantaranya lomba mewarnai, lomba hafalan surah pendek, dan doa-doa, serta dilakukan pemberian nutrisi sebanyak 50 paket kepada anak-anak dhuafa di sekitar Lokasi. 

“Kami mengapresiasi PW Persaudaraan Muslimah (Salimah) yang turut serta memeriahkan menuju Hari Anak Nasional, apalagi sejumlah rangkaian kegiatan menyasar anak-anak,” kata Ninuk Zudan.

Baca Juga : Sekprov Dapat Ucapan Selamat Ulang Tahun Saat Paripurna DPRD Sulsel

Menurutnya, semua pihak, baik orang tua, pendidik, masyarakat, dan Pemerintah memiliki tanggung jawab dalam memastikan anak-anak tumbuh dalam lingkungan yang aman, sehat, dan penuh kasih sayang.

“Kita harus memaksa untuk menghapus segala bentuk kekerasan, diskriminasi, dan eksploitasi terhadap anak. Oleh karena itu, mari kita ciptakan lingkungan yang mendukung perkembangan mereka secara optimal, baik secara fisik, mental, maupun spiritual. Mari kita menjadi contoh yang baik bagi anak-anak, untuk memberikan hak-hak bagi anak, mewujudkan anak yang terlindungi dan bahagia,” jelasnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (DP3A Dalduk KB) Sulsel, Anggriani, mengatakan, peringatan Hari Anak Nasional tingkat Provinsi Sulsel kali ini berbeda dari sebelumnya. 

Baca Juga : Perayaan Maulid di lingkup Pemprov Sulsel, Prof Zudan Ajak Teladani Nabi Muhammad SAW

“Sesuai Arahan dan petunjuk dari Ibu Pj Ketua TP PKK Sulsel, kami merangkul semua organisasi pemerhati perempuan dan anak untuk ikut serta dalam memeriahkan hari anak ini,” ujarnya.

Saat ini, kata dia, sejumlah permasalahan bagi anak menjadi tantangan bangsa untuk mewujudkan generasi yang tangguh dan berkualitas dalam mencapai Indonesia Emas tahun 2045. 

“Anak merupakan generasi penerus dan aset masa depan bangsa, sehingga keberhasilan pembangunan anak akan menentukan kualitas sumber daya manusia Indonesia di masa yang akan datang,” terangnya.

Baca Juga : Ratusan Petenis Meja Terbaik Sulsel Tampil di ABHY Cup V

Ia pun mengajak seluruh pihak melindungi anak dari berbagai masalah yang rentan terjadi. Diantaranya kekerasan anak, pernikahan dini, dan anak yang terlibat dalam kasus hukum.

“Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan terus mendorong lembaga kemasyarakatan, dunia pendidikan dan media massa untuk terus bersama-sama melakukan kinerja aktif yang berimplikasi terhadap tumbuh kembang anak serta perlindungan khusus menuju Indonesia layak anak,” ujarnya.  

DP3A Dalduk KB Sulsel pun mengajak kepada seluruh lembaga baik pemerintah maupun non pemerintah organisasi atau lembaga masyarakat untuk meningkatkan komitmennya dalam rangka bersama-sama mengupayakan menyediakan dan melindungi anak. 

Baca Juga : Semua Verifikator Kemendagri Nilai Prof Zudan Sukses Bawa Perubahan Baik di Sulsel

“Semua anak sama dan berhak merasakan kebahagiaan. Untuk itu, mari kita bahagiakan anak-anak kita dan bersama-sama menyukseskan Hari Anak Nasional Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan. Kita berharap kegiatan ini akan memperkuat sinergitas dan keterlibatan kita dalam menjamin terpeliharanya hak dan perlindungan anak untuk Sulawesi Selatan mewujudkan anak terlindungi Indonesia maju,” tutupnya. 

#Pemprov Sulsel #Prof Zudan Arif Fakrulloh