Sabtu, 15 Juni 2024 21:14

Guru-Guru Barru Berkumpul di Temu Pendidik Nusantara XI: Siap Merajut Masa Depan Pendidikan yang Gemilang

Usman Pala
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Guru-Guru Barru Berkumpul di Temu Pendidik Nusantara XI: Siap Merajut Masa Depan Pendidikan yang Gemilang

Talkshow ini menekankan pentingnya pendidikan sebagai usaha dasar yang terencana untuk menciptakan suasana belajar dan proses pembelajaran yang efektif.

RAKYATKU.COM, BARRU - Dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Barru, Komunitas Guru Belajar Nusantara (KGBN) Barru menyelenggarakan talkshow bertajuk "Temu Pendidik Nusantara XI" dengan tema "Pemimpin Pendidikan Berdaya".

Acara ini diadakan pada Sabtu, (15/6/2024) di Aula Kampus Institut Teknologi dan Bisnis Administrasi Al-Ghazali Barru dan dihadiri oleh para pendidik dan pemangku kepentingan di dunia pendidikan.

Sekretaris Daerah Kabupaten Barru, Abustan membuka acara sekaligus menjadi narasumber dalam talkshow itu. Dalam sambutannya, ia menyampaikan bahwa acara ini merupakan momentum penting dalam proses pengubahan sikap dan tata laku individu maupun kelompok dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran.

Baca Juga : Dua Pelajar SMAN 1 Barru Tewas Saat Berenang di Sungai Rumpiae

Talkshow ini menekankan pentingnya pendidikan sebagai usaha dasar yang terencana untuk menciptakan suasana belajar dan proses pembelajaran yang efektif. Para peserta diharapkan dapat mengadopsi pendekatan-pendekatan baru yang inovatif dalam pendidikan, yang berlandaskan pada undang-undang dan nilai-nilai kebangsaan.

Selain itu, talkshow ini juga bertujuan untuk mengevaluasi dan mengembangkan metode pengajaran yang lebih efektif dan efisien. Melalui kolaborasi dan pertukaran ide di antara para pendidik, diharapkan akan muncul inovasi-inovasi baru yang dapat diterapkan dalam sistem pendidikan nasional.

"Dengan adanya Temu Pendidik Nusantara XI, diharapkan akan tercipta sinergi antara pendidik, pemerintah, dan masyarakat dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia," ujar Abustan.

Baca Juga : Tragedi Pilu di Dusun Terpencil Barru: Ibu Rumah Tangga dan Anak Gantung Diri, Motifnya Beban Ekonomi

Talkshow ini juga diisi dengan penyerahan beasiswa murid belajar, kelas berbagi, pameran karya murid, dan Cerdas Cermat Guru (CCG). Acara ini dihadiri oleh 250 guru jenjang TK, SD, SMP/MTS, SMA/SMK/MA se-Kabupaten Barru.

Diharapkan melalui kegiatan ini, kualitas pendidikan di Kabupaten Barru dapat terus meningkat dan menghasilkan generasi yang tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga memiliki karakter yang kuat dan siap menghadapi tantangan global.

Turut hadir pada kegiatan ini, Rektor Institut Teknologi dan Bisnis Administrasi Al-Ghazali Barru, Kamaruddin Hasan yang juga Ketua Dewan Pendidikan Kabupaten Barru, Yayasan Guru Belajar Jakarta Diaz Rahmasari, Madali Agil Komunitas Pengawas Belajar Nusantara,

Baca Juga : Ketua DPRD Sulsel: Peluang Barru Jadi Penyangga IKN Harus Dioptimalkan

Yang lainnya, Maurensyiah Pengurus DPP KGBN Sulsel, Muh. Hayat, Kacab Disdik Provinsi Sulsel Wilayah 8, Mewakili KaKankemenag Barru, Sekretaris Disdikbud Kabupaten Barru.

Talkshow ini merupakan bagian dari program Temu Pendidik Nusantara (TPN) XI yang diselenggarakan oleh KGBN di 50 daerah di Indonesia.

#Temu Pendidik Nusantara XI #Kabupaten barru