Kamis, 02 Mei 2024 21:09

Pesan Akbar Ali di Hari Pendidikan Nasional

Adil Patawai Anar
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Pesan Akbar Ali di Hari Pendidikan Nasional

Pesan Akbar Ali di Hari Pendidikan Nasional

RAKYATKU.COM, PAREPARE --Penjabat (Pj) Wali Kota Parepare, Akbar Ali mengucapkan selamat Hari Pendidikan Nasional tahun 2024.

Hal itu diungkapkan melalui akun Media Sosial milik Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare. Rabu, 2/5/2024.

"Semua Tempat adalah Sekolah dan semua orang adalah Guru,” ~ Ki Hajar Dewantara Selamat Hari Pendidikan Nasional,” ucap Akbar Ali.

Baca Juga : Hadiri Pelantikan PPK, Akbar Ali Harap Perkuat Sinergitas

Diketahui, Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) merupakan salah satu hari penting bagi bangsa Indonesia.

Mengutip laman resmi Kemdikbud RI, Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) diperingati setiap tanggal 2 Mei. Tanggal tersebut merupakan hari kelahiran Ki Hajar Dewantara sebagai Bapak Pendidikan Nasional Indonesia.

Mengutip laman Universitas Insan Cita Indonesia, Sejarah Hari Pendidikan Nasional tak lepas dari sosok Ki Hadjar Dewantara. Ia merupakan tokoh pejuang pendidikan sekaligus Bapak Pendidikan Nasional.

Baca Juga : Akbar Ali Didaulat Jadi Narasumber di BKSDN Kemendagri

Adapun tanggal 2 Mei sebagai Hardiknas merupakan tanggal lahir Ki Hadjar Dewantara. Penetapan ini tertuang dalam Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 316 tahun 1959.

Ki Hadjar sendiri lahir di Pura Paku Alam, Yogyakarta pada 2 Mei 1889. Nama aslinya adalah Raden Mas Soewardi Soerjaningrat.

Sepanjang hidupnya Ia dikenal sebagai sosok yang kritis terhadap kebijakan pemerintah kolonial Belanda, khususnya di bidang pendidikan. Ki Hadjar Dewantara menentang kebijakan pemerintah Belanda yang kala itu hanya membolehkan anak-anak keturunan Belanda dan kaum priyayi untuk mengenyam pendidikan sekolah.

Baca Juga : Disdik Parepare Imbau Tak Bikin Acara Perpisahan ke Luar Kota Tanpa Izin dari Orang Tua Siswa

Karena sikap kritisnya, Ia bersama dengan 2 rekannya yakni Ernest Douwes Dekker dan Tjipto Mangunkusumo diasingkan ke Belanda. Ketiga tokoh inilah yang dikenal sebagai “Tiga Serangkai".

Penulis : Hasrul Nawir
#Pemkot Parepare