Rabu, 27 Maret 2024 11:34

Direktur Sekolah Islam Athirah Buka Kegiatan Olimpiade Alquran se-Athirah

Lisa Emilda
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Direktur Sekolah Islam Athirah Syamril ST MPd membuka secara resmi kegiatan Olimpiade Alquran Sekolah Islam Athirah (SIA) di Gymnasium Sekolah Islam Athirah, Jalan Raya Baruga, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (26/3/2024). Ada empat jenis lomba yang dilaksanakan yaitu lomba tahfidzul quran, lomba tahsinul quran, lomba pidato, dan lomba mujawwad/lomba tilawah.
Direktur Sekolah Islam Athirah Syamril ST MPd membuka secara resmi kegiatan Olimpiade Alquran Sekolah Islam Athirah (SIA) di Gymnasium Sekolah Islam Athirah, Jalan Raya Baruga, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (26/3/2024). Ada empat jenis lomba yang dilaksanakan yaitu lomba tahfidzul quran, lomba tahsinul quran, lomba pidato, dan lomba mujawwad/lomba tilawah.

Ada 4 Jenis Lomba, Olimpiade Alquran Sekolah Islam Athirah Digelar Selama 3 Hari

RAKYATKU.COM, MAKASSAR – Dalam upaya meningkatkan kecintaan terhadap Alquran, Sekolah Islam Athirah (SIA) menyelenggarakan kegiatan Olimpiade Alquran. Kegiatan yang dilakukan masih dalam momentum Bulan Ramadan 1445 hijriah kali ini, diisi dengan berbagai jenis lomba. Pembukaan kegiatan Olimpiade Alquran digelar di Gymnasium Sekolah Islam Athirah, Jalan Raya Baruga, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (26/3/2024).

Hadir dalam pembukaan, Direktur Sekolah Islam Athirah Syamril ST MPd, Kepala Human Capital Nurwahidah AMa SP, Kepala Departemen Kurikulum Saharuddin SPd, Kepala Quranic Generation Development Program (QGDP) Komaruddin Efendi AMd, wakasek kesiswaan dan keagamaan SMA Islam Athirah Bukit Baruga Sabaruddin Lc, dan Kepala SD Islam Athirah Bukit Baruga Muhammad Azis SPd MPd. Turut hadir pimpinan TK, SD, SMP, boarding, guru, panitia kegiatan, dan peserta lomba.

Direktur Sekolah Islam Athirah Syamril ST MPd dalam sambutannya mengutarakan, di Athirah saat ini sudah ada Tim Olimpiade Sains Athirah (TOSA). “Kedepan diharapkan juga muncul tim olimpiade Alquran Athirah, apakah misalnya dalam bentuk ekstrakurikuler,” ungkap Syamril dalam sambutannya.

Baca Juga : Sekolah Islam Athirah Bukit Baruga Bagikan 1147 Paket Sembako ke Duafa

Syamril mengatakan, terima kasih kepada semua pimpinan unit, wakil direktur, kepala sekolah, dan kepada seluruh peserta. Semoga semua yang hadir disini sudah siap ikut lomba. Ia mengapresiasi pembaca acara. Master of ceremony-nya tadi membawakan acara dengan 2 bahasa, yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Arab. “Dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim olimpiade Alquran secara resmi dibuka,” kata Direktur Sekolah Islam Athirah.

Olimpiade Alquran tahun ini mengambil tema “Meraih Kemuliaan Bersama Alquran”. Panitia kegiatan dan pengisi acara adalah dari boarding Sekolah Islam Athirah wilayah Bukit Baruga.

Adapun Ketua Panitia olimpiade Alquran Abdul Rahmat Nawir MPdI mengutarakan, kegiatan ini adalah pertama kalinya dilakukan untuk kalangan se-Athirah. Kegiatan bertujuan untuk menumbuhkan kecintaan dan motivasi terhadap Alquran. “Lomba-lomba yang diselenggaraan secara internal untuk kalangan Athirah. Diikuti oleh peserta dari 4 wilayah Athirah, yaitu Athirah Bukit Baruga, Kajaolaliddo, Bone, dan Racing Center,” ujar Abdul Rahmat Nawir MPdI.

Baca Juga : Sekolah Islam Athirah Siapkan 1085 Kuota untuk Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun Pelajaran 2024/2025

Cabang lomba ada 4, diantaranya lomba tahfidzul quran, lomba tahsinul quran, lomba pidato, dan lomba mujawwad/lomba tilawah. “Peserta lomba dari semua jenjang mulai dari TK, SD, SMP, dan SMA. Pelaksanaan olimpiade selama 3 hari mulai tanggal 26-28 Maret 2024,” ungkap ketua panitia kegiatan.

Harapan dan tujuan pelaksanaan olimpiade, ujar Rahmat Nawir, agar siswa-siswi dan insan Athirah secara keseluruhan semakin dekat dan cinta dengan Alquran. “Sehingga melalui media olimpiade Alquran ini diharapkan bisa menjadi pembangkit motivasi bagi anak-anak kita,” sebutnya.

Kepala Quranic Generation Development Program (QGDP) Sekolah Islam Athirah Wilayah Bukit Baruga, Jusri SQ SSos mengutarakan, pada Maret 2024 ini ada empat kegiatan yang direncanakan oleh QGDP. “Mulai dari tarhib Ramadan, Athirah Jelajah Ramadan (AJR), pengajian pekanan guru dan karyawan, dan olimpiade Alquran,” ungkap Jusri. 

#Sekolah Islam Athirah #Olimpiade Alquran se-Athirah