Sabtu, 02 Maret 2024 14:45

Hipmi Parepare Gelar Ramadan Fair 2024, Bangkitkan Semangat UMKM

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Konferensi pers Badan Pengurus Cabang (BPC) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Kota Parepare terkait pelaksanaan Ramadan Fair 2024, Sabtu (2/3/2024).
Konferensi pers Badan Pengurus Cabang (BPC) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Kota Parepare terkait pelaksanaan Ramadan Fair 2024, Sabtu (2/3/2024).

Hipmi Parepare akan menggelar Ramadan Fair 2024 di pelataran Masjid Terapung B.J. Habibie, Parepare, 15 Maret hingga 7 April 2024, dengan tujuan meningkatkan semangat dan ekonomi UMKM melalui berbagai kegiatan kuliner, lomba, talkshow, dan NgabubuRun. Kegiatan ini didukung Pemkot Parepare.

RAKYATKU.COM, PAREPARE - Badan Pengurus Cabang (BPC) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Kota Parepare, Sulawesi Selatan (Sulsel), akan memeriahkan bulan puasa dengan kegiatan Ramadan Fair 2024.

Ramadan Fair akan berlangsung di pelataran Masjid Terapung B.J. Habibie, Parepare, dimulai 15 Maret hingga 7 April 2024.

Kegiatan akan diisi 45 tenant kuliner dan juga berbagai lomba memeriahkan kegiatan UMKM sepanjang bulan puasa tahun ini.

Baca Juga : Pemkot Parepare Gelar Nobar Indonesia Vs Uzbekistan di Lapangan Andi Makkasau

Selain itu, kemeriahan Ramadan Fair akan ada talkshow community, creative talk, dan bisnis. Selain itu, ada juga NgabubuRun.

Kegiatan ini dikolaborasikan dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare, yakni Dinas Tenaga Kerja, Koperasi dan UMKM (Disnakerkop UMKM) dan Dinas Perdagangan (Disdag).

"Ini merupakan salah satu program unggulan kami di BPC Hipmi Parepare yang memiliki tujuan untuk meningkatkan ekonomi dan membantu UMKM untuk berkembang," jelas Ketua Panitia, Aditya Budiamin, Sabtu (2/3/2024).

Baca Juga : DPRD Parepare Gelar Paripurna LKPj Wali Kota TA 2023

"Tenant UMKM juga bertambah dari tahun kemarin hanya 20 tenant. Ramadan Fair tahun ini kita tambah sampai 45 tenant," tambahnya.

Aditya mengatakan Hipmi Parepare akan berupaya untuk meningkatkan value dari tiap UMKM yang akan membuka usahanya di Ramadan Fair.

"Alhamdulillah ratusan UMKM mendaftar. Kita seleksi betul-betul karena kita akan berusaha untuk meningkatkan value," katanya.

Baca Juga : Pj Wali Kota Parepare Buka Musrenbang RPJPD 2025-2045

"Dan feedback-nya ke UMKM akan dibimbing langsung dari Hipmi untuk bisa lebih berkembang usahanya," ucapnya.

Ketua BPC Hipmi Parepare, Syamsul Rijal, mengatakan Ramadan Fair 2024 akan berbeda dengan tahun sebelumnya.

Dia juga menegaskan Ramadan Fair ini bukan hanya soal keuntungan saja, tetapi untuk memberikan hiburan untuk masyarakat Parepare.

Baca Juga : 82 Mahasiswa PKPA di RSUD Andi Makkasau Parepare

"Ini kali ketiga kami buat kegiatan Ramadan. Lokasinya di sana supaya tenant lebih banyak dikaver agar UMKM bisa merasakan program dari Hipmi dan pemerintah," jelasnya.

"Kami bersama dengan pemerintah daerah berharap kegiatan bukan hanya ini saja dilakukan, tetapi bisa kontiny ke depannya setelah Ramadan," lanjut pria yang akrab disapa Rijal itu.

Kepala Bidang Penempatan dan Pelatihan Ketenagakerjaan Dinas Tenaga Kerja (Disnaker), Arwah Laode Rahman, menyampaikan apresiasinya ke Hipmi Parepare untuk terus bergerak untuk memajukan ekonomi di Parepare.

Baca Juga : Peringati Hari Bumi, Managemen RSUD Andi Makkasau Tanam Puluhan Batang Pohon

"Pemerintah kota sangat mengapresiasi apa yang dilakukan Hipmi. Kegiatan Ramadan ini untuk memajukan ekonomi di daerah ini," tuturnya.

"Pemerintah tentu sangat terbuka dan sangat bersyukur bahwa adanya kegiatan seperti ini dan kita berharap setiap tahun kita buat kegiatan Ramadan," lanjutnya.

Pj Wali Kota Parepare, Akbar Ali, lanjut dia, telah berkomitmen memudahkan hal-hal yang berkaitan dengan event-event dan terus mendorong agar kegiatan seperti ini tidak hanya di Ramadan, tetapi juga di luar Ramadan.

Baca Juga : Peringati Hari Bumi, Managemen RSUD Andi Makkasau Tanam Puluhan Batang Pohon

"Kalau perlu dalam satu tahun itu ada kegiatan dua atau tiga kali dan kita kondisikan dengan yang berkembang di masyarakat," harapnya.

#hipmi parepare #Pemkot Parepare