Jumat, 23 Februari 2024 17:30

Warga Barru Protes Tambang Galian C Ganggu Ketenangan

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Warga Jalangnge, Kelurahan Mallawa, Kecamatan Mallusetasi, Kabupaten Barru, Sulsel, menggelar aksi protes, Jumat (23/2/2024), terhadap aktivitas tambang galian C di wilayah mereka.
Warga Jalangnge, Kelurahan Mallawa, Kecamatan Mallusetasi, Kabupaten Barru, Sulsel, menggelar aksi protes, Jumat (23/2/2024), terhadap aktivitas tambang galian C di wilayah mereka.

Warga di Barru menggelar protes terhadap aktivitas tambang galian C yang dianggap mengganggu ketenangan lingkungan, dengan PT Rekabila Utama sebagai sasaran kritik utama karena ancamannya terhadap keselamatan TPU di sekitarnya. Meskipun aksi protes telah dilakukan, belum ada tanggapan resmi dari pihak PT Rekabila Utama terhadap tuntutan warga.

RAKYATKU.COM, BARRU - Sejumlah warga Jalangnge, Kelurahan Mallawa, Kecamatan Mallusetasi, Kabupaten Barru, Sulsel, menggelar aksi protes, Jumat (23/2/2024), terhadap aktivitas tambang galian C di wilayah mereka.

PT Rekabila Utama menjadi sorotan warga karena dinilai mengganggu ketenangan lingkungan dengan kegiatan tambang yang dilakukannya.

Menurut beberapa warga yang terlibat dalam aksi tersebut, keberadaan tambang telah mengancam keselamatan tempat pemakaman umum (TPU) yang berada di sekitar lokasi tambang.

Baca Juga : Aktivitas Tambang Galian C di Jalan Poros Jeneponto-Bantaeng Meresahkan

"Kami warga di sini sudah memperingatkan bahkan meminta kepada pihak penambang untuk segera menghentikan aktivitasnya di wilayah itu. Sebab, menimbulkan longsor di lokasi TPU tersebut. Sudah ada beberapa kuburan yang amblas dan longsor," kata salah seorang warga.

Hingga saat ini,meskipun aksi protes telah dilakukan, belum ada tanggapan resmi dari pihak PT Rekabila Utama terkait tuntutan warga.

Ratusan warga yang melakukan aksi protes telah meninggalkan lokasi tambang setelah menyampaikan aspirasi mereka.

Penulis : Achmad Afandy
#Tambang galian C #PT Rekabila Utama