Rabu, 21 Februari 2024 09:34

Trafik Broadband Telkomsel Naik 8,4% Selama Momen Pemilu Serentak 2024, Jaringan Optimal Dukung Kenyamanan Komunikasi di 680 Titik Keramaian

Lisa Emilda
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Trafik Broadband Pemilu Telkomsel_1-3: Trafik layanan data atau payload Telkomsel selama momen Pemilu Serentak 2024 mencapai 54,14 Petabyte atau meningkat 8,41% dibandingkan rerata payload pada hari biasa, didorong oleh peningkatan aktivitas pelanggan untuk akses video (13,20%), social media (9,80%), layanan komunikasi (4,56%), web browsing (9,40%), hingga games (17,70%).
Trafik Broadband Pemilu Telkomsel_1-3: Trafik layanan data atau payload Telkomsel selama momen Pemilu Serentak 2024 mencapai 54,14 Petabyte atau meningkat 8,41% dibandingkan rerata payload pada hari biasa, didorong oleh peningkatan aktivitas pelanggan untuk akses video (13,20%), social media (9,80%), layanan komunikasi (4,56%), web browsing (9,40%), hingga games (17,70%).

Serentak 2024, Telkomsel telah berhasil memastikan kesiapan infrastruktur jaringan sehingga seluruh layanan komunikasi digitalnya berjalan lancar tanpa gangguan ataupun kendala yang berarti

RAKYATKU.COM, JAKARTA - Mengambil peran terdepan dalam mendukung program Pemerintah, Telkomsel sukses mengawal dan melayani kenyamanan komunikasi dan pengalaman digital pelanggan pada momentum Pemilu Serentak 2024.

Pada hari pemungutan suara, Rabu (14/2), tercatat trafik layanan data atau payload Telkomsel mencapai 54,14 Petabyte atau meningkat 8,41% dibandingkan rerata payload pada hari biasa 2024.

Vice President Corporate Communications & Social Responsibility Telkomsel Saki H. Bramono mengatakan, “Sebagai perusahaan telekomunikasi digital terbesar di Indonesia, Telkomsel konsisten terus mengambil peran terdepan dalam mendukung program-program pemerintah, khususnya dalam mengawal dan melayani kenyamanan komunikasi dan pengalaman digital pelanggan di seluruh wilayah Indonesia. Guna mendukung kelancaran pelaksanaan Pemilu Serentak 2024, Telkomsel telah berhasil memastikan kesiapan infrastruktur jaringan sehingga seluruh layanan komunikasi digitalnya berjalan lancar tanpa gangguan ataupun kendala yang berarti.”

Baca Juga : Telkomsel Jaga Bumi Peringati Hari Bumi Sedunia dengan Ajak Pelanggan Ciptakan Jejak Kebaikan

Lonjakan trafik komunikasi dan layanan digital Telkomsel selama Pemilu 2024 didorong oleh peningkatan aktivitas pelanggan pada pemanfaatan layanan digital seperti akses video hingga 13,20%, social media hingga 9,80%, layanan komunikasi (chat dan messaging) 4,56%, web browsing hingga 9,40%, dan games hingga 17,70%. Sehari menjelang pemungutan suara, Telkomsel juga mencatatkan peningkatan trafik layanan suara hingga 10,4% dibandingkan rerata hari biasa 2024. Sedangkan untuk trafik layanan SMS tercatat menurun 5%, sejalan dengan tren telekomunikasi terkini. Telkomsel juga mencatatkan adanya peningkatan aktivitas akses pada sejumlah aplikasi/platform digital favorit seperti TikTok (naik 21%), Instagram (naik 13,7%), WhatsApp (naik 6,5%), Facebook (naik 6,2%), dan YouTube (naik 4,2%).

Seluruh aktivitas digital pelanggan tersebut, yang di antaranya didorong oleh distribusi informasi terkait Pemilu dan akses hasil Quick Count, turut berkontribusi terhadap pertumbuhan trafik penggunaan layanan data selama momen Pemilu 2024 di sejumlah titik keramaian dibandingkan hari biasa, seperti trafik di sekitar titik KPU Kabupaten Merauke yang naik sekitar 269,6%, STO Samarinda yang naik sekitar 128,2%, KPU Kabupaten Boven Digoel yang naik sekitar 42,9%, KPU Daerah Bener Meriah yang naik sekitar 37,2%, dan KPU Daerah Samosir yang naik sekitar 23,5%.

Menjelang Pemilu Serentak 2024, Telkomsel telah memastikan kesiapan infrastruktur guna menjaga kenyamanan akses komunikasi dan pengalaman digital pelanggan di seluruh Indonesia selama periode pemungutan dan perhitungan suara berlangsung hingga pengumuman hasil pemilu mendatang. Optimalisasi jaringan telah dilaksanakan pada 680 titik keramaian, termasuk titik operasional KPU, Bawaslu, hingga lokasi penting lainnya yang berpotensi menjadi fokus perhatian selama pemilihan. Selain itu, Telkomsel juga telah menyiapkan 13 Posko yang tersebar di seluruh wilayah kerja perusahaan untuk memonitor kesiapan jaringan secara intensif dan real-time.

Baca Juga : Trafik Internet Naik 10.08 Persen, Telkomsel Regional Sulawesi Sukses Kawal Aktivitas Digital Pelanggan Selama Momen Ramadan dan Idulfitri 1445 H

"Komitmen Telkomsel untuk hadir bersiaga mendampingi para pelanggan dalam menyongsong dan melaksanakan Pesta Demokrasi dengan aman, nyaman, dan damai melalui kesiapan jaringan broadband terdepan dan terluas adalah sejalan dengan arahan pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) RI untuk dapat terus menjaga Quality of Service (QoS) selama perhelatan Pemilu 2024," tutup Saki.

#Telkomsel #Trafik broadband