Selasa, 20 Februari 2024 19:08

Diberi Gelar Adat di Dua Daerah ini, Calon Presiden Nomor Urut 2 Prabowo-Gibran Raih Suara Terbanyak

Lisa Emilda
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Prosesi pemberian adat kepada Prabowo subianto oleh masyarakat Toba dengan gelar Lumban Tobing dan gelar adat Toraja utara Taruk Langi
Prosesi pemberian adat kepada Prabowo subianto oleh masyarakat Toba dengan gelar Lumban Tobing dan gelar adat Toraja utara Taruk Langi

pemilihan capres 02 Prabowo-Gibran di daerah Toba mencapai (75,22%), Tana Toraja (73,2%), Toraja Utara (82,91%).

RAKYATKU.COM, MAKASSAR-- Sosok calon Presiden RI 2024 Prabowo Subianto ternyata cukup dikenal di kalangan masyarakat Toba, Toraja Utara dan Tana Toraja

Dikutip dari laman wikipedia, Letnan Jenderal H.Prabowo Subianto sebelumnya di kenal oleh masyarakat Toba dan Toraja sebagai panglima Kostrad, Menteri Pertahanan dan calon Presiden RI.

Saat bersosialisasi dan berkunjung ke daerah Toba dan Toraja Utara, Jenderal Bintang 3 ini disambut hangat oleh masyarakat di wilayah ini.

Baca Juga : Pengamat: Pasangan Prabowo-Gibran Rawan Tersandera Kelompok Oligarki

Pria kelahiran 17 Oktober 1951 ini bahkan di anugerahi gelar adat pada 17 juni 2009 oleh Persatuan Punguan Siraja Lumban Tobing (PPSLB) yang digelar di Danau Toba Convention Center, Medan. Prabowo Subianto mendapat gelar adat "Lumban Tobing".

Tidak sampai di situ, pada 28 Desember 2011, Prabowo Subianto kembali diberi gelar adat oleh masyarakat Rantepao, Toraja Utara, Tongkonan Siguntu, Nonongan.

Pemberian gelar adat ini dilakukan bersamaan upacara kedukaan atau Rambu Solo’ salah seorang masyarakat Toraja Utara Agnes Datu Sarungallo, istri dari J. Palayuk Tallulembang. Pada upacara pemakaman tersebut turut disaksikan oleh Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo, Wakil Gubernur Sulawesi Selatan A. Arifin Nu'mang, Panglima Kodam VII Wirabuana, Mayor Jenderal Muhammad Nizam, Bupati Tana Toraja Theofillus Allorerung, Bupati Toraja Utara Frederick Batti' Sorring beserta ribuan warga setempat. "Taruk Langi" jadi nama adat Prabowo Subianto.

Baca Juga : Menutup Masa Kampanye, Tim Fanta Prabowo-Gibran Bagi-Bagi Bunga dan Susu Gratis

Melekatnya sosok jenderal bintang 3 ini bagi masyarakat Toba dan Toraja dibuktikan kembali dengan mendukung Prabowo Subianto bersama Gibran maju menjadi calon Presiden 2024.

Berikut hasil real count yang dikutip dari website kppu.go.id, untuk daerah pemilihan Toba, Prabowo-Gibran berhasil meraih suara (75,22%), Tana Toraja (73,2%), Toraja Utara (82,91%).

Diketahui tidak hanya tiga daerah tersebut yang menjadi basis suara Prabowo-Gibran sedikitnya ada Lima wilayah di Indonesia yang berhasil penulis kumpulkan yang memilih pasangan capres nomor urut 2 yakni Indramayu (69,67%), Pulang Pisau (77, 72%), Gunung Mas (82,44%) Bolaang Mangondow (81,25%) dan Bitung (72,16%).

#Prabowo-Gibran #Capres 2024 #Prabowo diberi Gelar adat #Toba #toraja utara