Selasa, 06 Februari 2024 12:15

Bupati Wajo Tinjau Pembangunan Water Treatment Plan, Target Rampung Tahun Ini

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Bupati Wajo, Amran Mahmud (ketiga kiri), bersama rombongan saat meninjau pembangunan water treatment plan (WTP) di Desa Assorajang, Kecamatan Tanasitolo, Senin (5/2/2024).
Bupati Wajo, Amran Mahmud (ketiga kiri), bersama rombongan saat meninjau pembangunan water treatment plan (WTP) di Desa Assorajang, Kecamatan Tanasitolo, Senin (5/2/2024).

Bupati Wajo, Amran Mahmud, meninjau pembangunan water treatment plan (WTP) di Desa Assorajang, Kecamatan Tanasitolo, sebagai bagian dari upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wajo menyediakan air bersih 24 jam. Pembangunan WTP ditarget rampung tahun ini.

RAKYATKU.COM, WAJO - Bupati Wajo, Amran Mahmud, bersama Kepala Balai Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Sulawesi Selatan, Kusworo Darpito, meninjau pembangunan water treatment plan (WTP) di Desa Assorajang, Kecamatan Tanasitolo, Senin (5/2/2024).

WTP sendiri merupakan upaya untuk mewujudkan salah satu program prioritas Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wajo, yaitu air bersih 24 jam.

Amran Mahmud menyampaikan terima kasih ke Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) atas pelaksanaan program ini melalui BPPW Sulsel dan Balai Besar Wilayah Sungai Pompengan Jeneberang (BBWS-PJ) yang juga berkunjung pada kesempatan tersebut.

Baca Juga : Hari Jadi Wajo Akan Dirangkaikan Peringatan Hari Bumi

Dia menjelaskan untuk pembangunan intake-nya sudah selesai pengerjaan. Nantinya, intake ini akan memanfaatkan potensi air Danau Tempe yang akan diangkat ke Instalasi Pengolahan Air (IPA) yang tahapan pengerjaannya masih berjalan di Jalan Andi Unru, Desa Assorajang.

"Lalu, air yang sudah diolah ini akan didistribusikan ke ke pelanggan melalui jaringan yang saat ini juga sementara dikerja. Jika WTP berfungsi nantinya, air berkapasitas 150 liter/detik akan mengaliri dan melayani Kecamatan Tempe (Kota Sengkang) dan tiga kecamatan kainnya, yaitu Pammana, Tanasitolo, dan Sabbangpa," bebernya.

Amran Mahmud berharap pengerjaannya ini segera rampung dan bisa dinikmati masyarakat. "Olehnya itu, dukungan dari masyarakat sangat kita harapkan agar ini bisa segera selesai. Kami juga meminta maaf jika dalam pelaksanaan program ini menimbulkan gangguan. Kita juga berharap dinas terkait membantu mengawasi pelaksanaannya," ucapnya.

Baca Juga : Pasca Libur Idul Fitri, Andi Bataralifu Cek Kehadiran ASN Pemkab Wajo

Sementara, Direktur Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Danau Tempe, Andi Dedy Ahmad Iqbal, yang mendampingi Bupati Wajo pada kesempatan ini menjelaskan pembangunan WTP mulai dikerjakan sejak 2023 lalu.

"Pengerjaan WTP ini direncanakan rampung pada 2024 ini dengan anggaran Rp149 miliar dengan tiga tahap," ucapnya.

Andi Dedy menjelaskan nantinya WTP ini akan bisa berkapasitas 150 liter/detik sehingga diharapkan bisa mengatasi krisis air yang sekarang pendistribusiannya masih dilakukan bergilir. "Dengan rampungnya program WTP ini, masyarakat akan menikmati air bersih 24 jam," tuturnya.

#pemkab wajo