Minggu, 14 Januari 2024 23:07

Tuai Polemik, Pj Wali Kota Parepare Batalkan Nama Jembatan Akbar

Usman Pala
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Tuai Polemik, Pj Wali Kota Parepare Batalkan Nama Jembatan Akbar

Akbar Ali menyatakan membatalkan nama Jembatan Akbar yang dia usulkan itu ketimbang jadi polemik yang tidak perlu.

RAKYATKU.COM, PAREPARE -- Penjabat(PJ) Wali Kota Parepare, Akbar Ali menegaskan, nama Jembatan Akbar di Parepare, murni inisiatif Pemerintah Kota Parepare, tidak berhubungan dengan Pemprov Sulsel.

Akbar Ali mengemukakan, makna sesungguhnya daripada penamaan Akbar pada jembatan karena dilatarbelakangi dari pemikiran filosofi, di mana jembatan itu besar dan panjang dari ukuran jembatan umumnya yang ada di Parepare. Terlebih jembatan itu terbentang lebar di atas Salo (Sungai) Karajae yang juga bermakna besar.

Makna penamaan Akbar ini juga diambil dari pemikiran dan ide besar dari sosok dua tokoh yakni mantan Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman dan mantan Wali Kota Parepare Taufan Pawe.

Baca Juga : Pemkot Parepare Gelar Nobar Indonesia Vs Uzbekistan di Lapangan Andi Makkasau

Namun Akbar Ali menyatakan membatalkan nama Jembatan Akbar yang dia usulkan itu ketimbang jadi polemik yang tidak perlu. “Yang penting jembatan tersebut sangat bermanfaat bagi masyarakat Parepare dan masyarakat Sulsel,” tegas Akbar Ali kepada media, Minggu, (14 /1/2024).

Akbar Ali pun berterima kasih atas kerja sama Pemprov Sulsel yang sudah bersinergi Pemkot Parepare membangun jembatan yang dibutuhkan masyarakat Parepare dan sekitarnya.

Akbar Ali juga meminta maaf kepada masyarakat Parepare dan masyarakat Sulsel secara umum karena penamaan jembatan ini sempat menimbulkan polemik.

Baca Juga : DPRD Parepare Gelar Paripurna LKPj Wali Kota TA 2023

Kami memohon maaf sebesar-besarnya jika penamaan jembatan ini sempat menimbulkan polemik, kami sepenuhnya tidak menginginkan hal itu terjadi. Dengan pembatalan ini, kami berharap polemik sudah tidak ada lagi. Dan mari kita bersama-sama mendukung pemanfaatan jembatan ini untuk kemaslahatan masyarakat Parepare dan Sulsel secara umum,” harap Akbar Ali.

Sebelumnya, Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin didampingi Pj Wali Kota Parepare Akbar Ali meresmikan pemanfaatan jembatan yang telah rampung tersebut pada Selasa, 9 Januari 2024.

Pembangunan jembatan ini menelan anggaran senilai Rp28,6 miliar lebih dari bantuan Pemprov Sulsel tahun anggaran 2022. Namun jumlah anggaran sebesar itu belum membuat jembatan dapat dimanfaatkan meski sudah diresmikan oleh Gubernur Sulsel saat itu, Andi Sudirman Sulaiman, pada momentum HUT Parepare tahun 2023.

Baca Juga : Pj Wali Kota Parepare Buka Musrenbang RPJPD 2025-2045

Saat diresmikan beberapa fisik jembatan belum rampung sehingga belum bisa dimanfaatkan. Pemkot Parepare kemudian merampungkan dengan menganggarkan melalui APBD Parepare 2023 senilai Rp2,8 miliar lebih, ditambah Rp5 miliar untuk menyambungkan akses Jalan Suaka Alam Lestari ke jembatan dan ke Jalan Lingkar M Yusuf, Parepare.

Penulis : Hasrul Nawir
#Pemkot Parepare #Akbar Ali #jembatan kembar #Jembatan Akbar