Kamis, 07 Desember 2023 19:00

Ketua DPRD Sulsel Sarankan Siswa SLTA di Barru Cerdas Pilih Siaran

Usman Pala
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ketua DPRD Sulsel Sarankan Siswa SLTA di Barru Cerdas Pilih Siaran

Dalam paparannya, Andi Ina Kartika menyoroti tantangan di Kabupaten Barru terkait blank spot, daerah yang masih belum terjangkau sinyal televisi.

RAKYATKU.COM, BARRU - Ketua DPRD Sulawesi Selatan, Andi Ina Kartika, menjadi narasumber dalam kegiatan literasi penyiaran sehat yang diselenggarakan oleh KPID Sulawesi Selatan.

Kegiatan tersebut berlangsung di Hotel D'Shining, Kabupaten Barru, Kamis (7/12/2023). Ketua KPID Sulsel, Irwan Ade Saputra hadir membersamai kegiatan ini.

 

Dalam paparannya, Andi Ina Kartika menyoroti tantangan di Kabupaten Barru terkait blank spot, daerah yang masih belum terjangkau sinyal televisi.

Baca Juga : Ian Latanro Salurkan 12 Ribu Bibit Durian Musang King di Enrekang

"Masalah blank spot ini yang terus kami perjuangkan," ujar Andi Ina Kartika, menggarisbawahi tantangan dalam beralih dari TV analog ke digital di wilayah tersebut.

Hal lain yang disampaikan oleh Andi Ina adalah mengajak peserta kegiatan yang terdiri dari siswa-siswi SLTA di Kabupaten Barru untuk lebih cerdas dalam memilih siaran.

Ia menyampaikan keprihatinannya terkait dampak budaya asing yang menggeser paradigma generasi pemuda.

Baca Juga : KPID Sulsel Temukan Beberapa Pelanggaran Isi Siaran

"Dampak dari budaya asing saat ini telah menggeser paradigma generasi pemuda. Sebagai akibat, dampak tidak sesuai norma dapat dihindarkan, khususnya dampak negatif. Melalui pembentukan regulasi yang mengatur," ungkapnya.

Dalam konteks ini, Andi Ina Kartika menekankan pentingnya memilih siaran yang sesuai dengan karakter dan moral bangsa Indonesia, atau sesuai dengan budaya Bugis.

"Tontonan yang dipilih, selain yang menghibur, sebaiknya memiliki norma yang sesuai dengan nilai kita Bugis," katanya.

Baca Juga : Ketua DPRD Sulsel Kembali Salurkan Bantuan Handtraktor untuk Petani di Barru

Lebih lanjut, Ketua DPRD Sulsel menegaskan peran lembaganya dalam mengawal generasi muda agar mendapatkan siaran yang sesuai bagi generasi muda.

DPRD Sulsel juga memberikan dukungan terhadap kebijakan yang mengarah pada literasi media di sekolah-sekolah.

"Kami berharap kegiatan ini bisa sering dilaksanakan, kalau perlu di sekolah-sekolah," tambahnya.

Baca Juga : Warga Garongkong Curhat ke Ketua DPRD Sulsel Soal Pelabuhan Belum Maksimal

Upaya DPRD Sulsel dalam memperjuangkan kegiatan literasi media diharapkan dapat memberikan dampak positif terhadap peningkatan pemahaman masyarakat, khususnya generasi muda, terhadap peran media dalam membentuk karakter dan nilai-nilai positif.

Penulis : Achmad Afandy
#dprd sulsel #Andi Ina Kartika #kpid sulsel #Kabupaten barru