Kamis, 07 Desember 2023 12:52

Evaluasi SAKIP 2023, Pemkab Barru Naik Peringkat dari Cukup ke Baik

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Sekda Barru, Abustan A.B., bersama Kabag Organisasi Setda Barru, Sophan Mulapurta, usai penerimaan penghargaan hasil evaluasi SAKIP dan Apresiasi RB Berdampak dan ZI 2023 di Nusa Dua Convention Center, Bali, Rabu, (6/11/2023).
Sekda Barru, Abustan A.B., bersama Kabag Organisasi Setda Barru, Sophan Mulapurta, usai penerimaan penghargaan hasil evaluasi SAKIP dan Apresiasi RB Berdampak dan ZI 2023 di Nusa Dua Convention Center, Bali, Rabu, (6/11/2023).

Pemkab Barru meraih penghargaan dan naik peringkat dari kategori Cukup ke Baik dalam evaluasi SAKIP 2023. Sekda Barru, Abustan A.B., menyatakan penghargaan ini sebagai bukti kinerja bersama, memberikan motivasi untuk meningkatkan pelayanan publik, dan menekankan komitmen untuk terus melakukan perbaikan di bawah arahan Bupati Barru, Suardi Saleh.

RAKYATKU.COM, BARRU - Sekda Barru, Abustan A.B., mewakili Bupati Barru, Suardi Saleh, menerima penghargaan hasil evaluasi SAKIP dan Apresiasi RB Berdampak dan ZI 2023.

Penghargaan diserahkan langsung Menteri PAN-RB, Abdullah Azwar Anas, di Nusa Dua Convention Center, Bali, Rabu, (6/11/2023). Penghargaan ini merupakan kesekian kalinya diterima di bawah kepemimpinan Suardi Saleh.

Abustan didampingi Kabag Organisasi Setda Barru, Sophan Mulapurta, usai menerima penghargaan menyampaikan rasa syukur dan berterima kasih kepada segenap aparatur di lingkungan Pemkab Barru. Penghargaan ini, kata dia, adalah bukti kinerja bersama.

Baca Juga : Napak Tilas Garongkong—Paccekke, Kenang Perjalanan Pejuang Menuju Kemerdekaan

"Penghargaan ini tentunya akan menjadi motivasi bagi aparat Pemkab Barru untuk memacu semangat. Insyaallah di bawah bimbingan dan arahan Bapak Bupati Barru kita terus berkomitmen untuk melakukan perbaikan-perbaikan agar pelayanan publik kita semakin baik dan optimal," ujarnya.

Menurutnya, ada empat fokus penilaian yang menjadi evaluasi SAKIP, di antaranya efektifitas penggunaan APBN/APBD yang dilakukan instansi pemerintah.

Selanjutnya, penjenjangan kinerja untuk memastikan tiap unit kerja dan individu serta memiliki kinerja dan kontribusi yang jelas dan terukur bagi organisasi.

Baca Juga : Operasi Keselamatan Pallawa 2024 Dimulai, Bupati Barru Pimpin Apel Gelar Pasukan

Selain itu, program dan kegiatan berdampak pada pencapaian tujuan/sasaran organisasi serta pelaksanaan evaluasi internal.

Kabag Organisasi Setda Barru, Sophan Mulaputra, menjelaskan tahun ini Pemkab Barru mendapatkan kenaikan peringkat dari sebelumnya predikat C kategori Cukup ke predikat B kategori Baik bersama 20 kabupaten/kota se-Indonesia.

Penulis : Achmad Afandy
#Pemkab Barru #suardi saleh