Rabu, 29 November 2023 14:11

Parepare Pertahankan Predikat Kota Sehat Kategori Swasti Saba Wisata 5 Kali Berturut-turut

Usman Pala
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Parepare Pertahankan Predikat Kota Sehat Kategori Swasti Saba Wisata 5 Kali Berturut-turut

Penghargaan untuk Parepare di ajang ini diserahkan oleh Menteri Dalam Negeri melalui Sekjen Kemendagri, Suhajar Diantoro.

RAKYATKU.COM, PAREPARE -- Kota Parepare kembali mempertahankan penghargaan Kabupaten/Kota Sehat kategori tertinggi, Swasti Saba Wistara untuk kelima kalinya berturut-turut.

Kepastian itu setelah Parepare menerima penganugerahan tanda penghargaan Swasti Saba Wistara 2023 dari Menteri Kesehatan RI pada malam Penganugerahan Tanda Penghargaan Swasti Saba Kabupaten/Kota Sehat dan STBM 2023 di Grand Ballroom Hotel Kempinski West Mall Grand Indonesia, Jakarta, Selasa (28/11/2023).

Ajang bertepatan momentum Hari Kesehatan Nasional ke-59 ini, Kementerian Kesehatan memberikan penghargaan kepada Kabupaten/Kota Sehat (Swasti Saba) dan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Award.

Baca Juga : Pemkot Parepare Sukses Raih Juara Satu Penghargaan Pembangunan Daerah

Kepala Bappeda Kota Parepare, Zulkarnaen Nasrun selaku Ketua Tim Pembina Kota Sehat Parepare hadir menerima penghargaan mewakili Wali Kota Parepare.

Turut bersama Kepala Bappeda, Kepala Dinas Kesehatan Parepare Rahmawaty Natsier, Ketua Forum Kota Sehat Parepare Minhajuddin Ahmad, Sekretaris Bappeda Parepare Dede Alamsyah Wakkang, Kepala Bidang P2PL Dinas Kesehatan Edy Kusuma Suhardi, dan Tim Sekretariat Kota Sehat Parepare.

Rombongan Parepare kompak hadir mengenakan pakaian adat tradisional Bugis Makassar saat penerimaan penghargaan.

Baca Juga : Perjuangkan Honorer, Akbar Ali Usulkan Honorer jadi PPPK

"Alhamdulillah, lima kali berturut-turut Parepare mempertahankan anugerah tertinggi Kota Sehat Swasti Saba Wistara. Parepare dinilai berhasil dalam menyelenggarakan Kota Sehat sehingga kembali mendapatkan penghargaan Swasti Saba Wistara untuk kelima kalinya ini," kata Zulkarnaen Nasrun.

Penghargaan untuk Parepare di ajang ini diserahkan oleh Menteri Dalam Negeri melalui Sekjen Kemendagri, Suhajar Diantoro.

Hanya 27 Kabupaten Kota di Indonesia yang mendapatkan penghargaan Swasti Saba Wistara tahun ini, dan terbanyak berasal dari Provinsi Sulawesi Selatan yakni delapan Kabupaten Kota.

Baca Juga : Pj Wali Kota Parepare Akbar Ali Lantik 2 Pejabat Eselon II

Selain Parepare, daerah lainnya di Sulsel yang mendapatkan Swasti Saba Wistara adalah Pangkep, Wajo, Luwu, Bantaeng, Sinjai, Barru, dan Soppeng.

Di ajang ini juga, Sulsel mendapatkan penghargaan sebagai Tim Pembina Provinsi Terbaik. Sulsel menjadi terbaik ketiga, setelah Jawa Barat terbaik satu, dan Jawa Timur terbaik dua.

Wakil Presiden diwakili oleh Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy turut hadir pada malam penganugerahan Kabupaten/Kota Sehat dan STBM Award ini.

#kota sehat #Pemkot Parepare