Selasa, 28 November 2023 23:58

Launching Penerimaan Mahasiswa Baru Unismuh Makassar, Bakal Hadirkan Ribuan Siswa SMA

Lisa Emilda
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Launching Penerimaan Mahasiswa Baru Unismuh Makassar, Bakal Hadirkan Ribuan Siswa SMA

dihadiri 1.500 siswa kelas 3 dari puluhan sekolah SMA/sederajat yang ada di Kabupaten Gowa dan Kota Makassar.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Sebagai langkah strategis dalam mengenalkan keunggulan Unismuh Makassar kepada siswa SMA sederajat, Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar akan melakukan Launching dan Sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) pada 11 Desember 2023 di Balai Sidang Muktamar ke-47, Kampus Unismuh Makassar.

Dalam kegiatan launching ini, Unismuh bakal dihadiri 1.500 siswa kelas 3 dari puluhan sekolah SMA/sederajat yang ada di Kabupaten Gowa dan Kota Makassar.

Hal itu terungkap dalam rapat panitia PMB yang digelar di lantai 16 Gedung Iqra, Kampus Unismuh Makassar, Senin, 27 November 2023.

Baca Juga : Unismuh Makassar Sambut Kedatangan 49 Mahasiswa dari 31 Perguruan Tinggi se Indonesia

Hadir Wakil Rektor I Dr Abd Rakhim Nanda, Wakil Rektor II Prof Andi Sukri Syamsuri dan Wakil Rektor IV Dr Mawardi Pewangi, Ketua PMB, Prof Salam serta panitia PMB.

Dalam rapat yang dipimpin Wakil Rektor II, Andi Sukri Syamsuri, terungkap bahwa PMB Unismuh tahun akademik 2024/2025 dibagi menjadi dua tahapan.

Tahapan pertama dimulai 1 Desember hingga 1 Maret 2024. "Bagi calon mahasiswa baru yang mendaftar pada tahapan pertama baik itu Program S1 dan D3 akan mendapatkan bonus uang pendaftaran atau gratis," ujar Andis, sapaan akrab Warek II Unismuh Makassar itu.

Baca Juga : Perkuat Kolaborasi Internasional, Rektor Unismuh Makassar Terima Kunjungan Perwakilan Universitas Turki

Selain itu, para siswa yang mendaftar pada tahap pertama tersebut dibebaskan dari Ujian Masuk, cukup menyetor foto copy rapor semester 1-4 di bangku SMA.

"Namun bebas tes tidak berlaku untuk Prodi Sarjana Kedokteran, yang tetap wajib mengikuti TKBK dan Psikotes," lanjut Andis.

Tahap kedua penerimaan mahasiswa baru Unismuh tahun akademik 2024-2025, dimulai 1 Maret hingga 31 Agustus 2024.

Baca Juga : Kantongi Akreditasi Unggul, Rektor Unismuh: Terima kasih Buat Semua yang Sudah Bekerja Sama

Ada lagi keringanan lain yang diberikan kepada calon mahasiswa baru Unismuh, yakni uang pembangunan bisa dibayar sebanyak 4 kali angsuran dalam waktu dua tahun.

Sebelumnya hanya bisa diangsur 2 kali selama satu tahun. Hal yang tak kalah menggembirakan, tidak ada kenaikan pembayaran uang kuliah, baik SPP maupun BPP.

Wakil Rektor I Unismuh Makassar Dr Abd Rakhim Nanda berpesan agar tim promosi berfokus menunjukkan keunggulan kampus, baik akreditasi, SDM Dosen, pelayanan, dan fasilitas yang ada dalam kampus.

Baca Juga : Kalla Institute Resmi Buka Penerimaan Mahasiswa Baru 2024-2025

Sementara Wakil Rektor IV Dr Mawardi Pewangi yang didaulat menyampaikan pengajian singkat, menyoroti pentingnya optimisme dengan mengutip Surah Al Mudatsir ayat 1 hingga 7. Selain itu, ia berpesan agar tim promosi senantiasa menjaga kebersihan hati, pikiran, dan perbuatan, sesuai dengan nilai-nilai yang dimiliki Unismuh.

Prosesi peluncuran PMB bakal dihelat dalam bentuk Dialog Interaktif yang disiarkan TVRI Sulawesi Selatan. Selain itu, bakal dihelat pameran yang menunjukkan keunggulan tiap fakultas, pentas seni yang bakal menampilkan grup band Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Unismuh.(**)

#Unismuh Makassar #penerimaan mahasiswa baru