Senin, 13 November 2023 19:19

RSUD Andi Makkasau Parepare Komitmen Berikan Pelayanan Gizi bagi Pasien

Usman Pala
Konten Redaksi Rakyatku.Com
RSUD Andi Makkasau Parepare Komitmen Berikan Pelayanan Gizi bagi Pasien

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Andi Makkasau Parepare komitmen memberikan pelayanan gizi bagi pasien.

RAKYATKU.COM, PAREPARE - Gizi merupakan kebutuhan dasar yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan masyarakat. Penyediaan nutrisi dan asuhan gizi di rumah sakit merupakan bagian integral dari patient centered care.

Hal tersebut berkaitan dengan adanya perubahan kebutuhan nutrisi pasien selama perawatan sesuai dengan perkembangan penyakit. Malnutrisi atau kekurangan gizi sering disebut sebagai dampak komplikasi permasalahan klinis yang terjadi di rumah sakit.

Malnutrisi dapat menyebabkan penurunan sistem imun hingga komplikasi penyakit, meningkatkan re-admisi, serta kematian. Untuk mencegah hal tersebut, pasien dengan atau berisiko malnutrisi harus diidentifikasi dan diberikan intervensi secara efektif serta efisien.

Baca Juga : Jelang Idul Adha, Pemkot Parepare Pantau Ketersediaan dan Harga Komoditi Pangan di Pasar

Seorang nutrisionis/ dietisien berkewajiban melakukan proses asuhan gizi rawat inap serta berkolaborasi dengan multidisiplin yang ada selama pasien dirawat.

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Andi Makkasau Parepare komitmen memberikan pelayanan gizi bagi pasien.

"Pelayanan gizi pada Instalasi Gizi RSUD Andi Makkasau adalah pelayanan yang diberikan dan disesuaikan dengan keadaan pasien berdasarkan keadaan klinis, status gizi, dan status metabolisme tubuh yang dimulai dari proses pengkajian gizi, diagnosis gizi, intervensi gizi meliputi perencanaan makanan, penyediaan makanan (penyelenggaraan makanan), penyuluhan edukasi dan konseling gizi, serta monitoring dan evaluasi," terang Kabid Infokom RSUD Andi Makkasau, Mukarramah, Senin( 13/11/2023).

Baca Juga : KPU Kota Parepare Gelar Sosialisasi di RSUD Andi Makkasau

Masalah gizi di rumah sakit, lanjutnya, dinilai sesuai kondisi perorangan yang secara langsung maupun tidak langsung mempengaruhi proses penyembuhan.

"Oleh karena itu dibutuhkan pelayanan gizi yang bermutu untuk mencapai dan mempertahankan status gizi yang optimal dan mempercepat penyembuhan," paparnya.

Sebelumnya, Direktur RSUD Andi Makkasau Parepare, Renny Anggraini Sari mengatakan bahwa pelayanan di RSUD Andi Makkasau Parepare akan senantiasa dimaksimalkan untuk kebutuhan masyarakat.

Baca Juga : Libatkan 1.155 Penari, Pemkot Parepare Andil Pecahkan Rekor Muri

Termasuk pemberian makanan bagi pasien yang menurutnya sangat penting agar pasien mendapatkan gizi dari makanan tersebut untuk percepatan kesembuhannya.

“Doakan kami agar selalu konsisten mengimplementasikan dan selalu meningkatkan mutu layanan,” harap Renny.

#RSUD Andi Makkasau Parepare #Pemkot Parepare