Sabtu, 11 November 2023 11:44

Setelah Dikunjungi Pj Wali Kota Parepare, Warga Yang Melahirkan di Rumah Kini Dirawat di RS

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Setelah Dikunjungi Pj Wali Kota Parepare,  Warga Yang Melahirkan di Rumah Kini Dirawat di RS

kondisi bayi saat ini dalam keadaan demam, dengan suhu terakhir 38,7 dan berat badan 2.120 gram

RAKYATKU.COM, PAREPARE - Warga Kelurahan Galung Maloang, Kecamatan Bacukiki, Indah, yang dikabarkan melahirkan di rumahnya tanpa bantuan seorang Bidan, kini dirawat bersama bayinya di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Andi Makkasau.

"Iya, bayi yang dijenguk Bapak Pj Walikota (Akbar Ali) tadi sudah dirawat di Ruang NICU Rumah Sakit Andi Makkasau,” jelas Direktur RSUD Andi Makkasau, Renny Angraeny Sari, Sabtu (11/11/2023).

Renny mengatakan kondisi bayi saat ini dalam keadaan demam, dengan suhu terakhir 38,7 dan berat badan 2.120 gram.

Baca Juga : Parepare-Samarinda Jajaki Kerjasama Peningkatan Daya Saing Daerah

“Sudah kita siapkan untuk penanganan lebih lanjut,” katanya.

Selain bayi dan ibunya, kata Renny, Nenek sang bayi juga menjalani perawatan lebih lanjut di RS Type B tersebut.

“Ibu dan nenek dari bayi tersebut juga kita rawat di rumah sakit, di ruang Anggrek. Kita sudah lakukan pemeriksaan kesehatan dan saat ini dalam perawatan,” ungkapnya.

Baca Juga : RS Andi Makkasau Parepare: Selamat Hari Pendidikan Nasional

Sebelumnya, Pj Wali Kota Parepare, Akbar Ali mengunjungi salah satu keluarga perempuan yang merupakan warga di Kelurahan Galung Maloanh , Kecamatan Bacukiki, Jumat (10/11/2023).

Akbar mengatakan, pihaknya melakukan kunjungan tersebut sebagai bentuk kepekaan selaku pemerintah, yang selalu hadir di tengah-tengah masyarakat yang membutuhkan, atau sedang menghadapi masalah.

“Tugas kami memang harus selalu memonitor dan memantau warga, yang selanjutnya dikoordinasikan dengan instansi terkait untuk diselesaikan persoalan yang dihadapi. Kami sudah memerintahkan instansi terkait untuk ditangani masalah kesehatan penghuninya, dan melakukan renovasi rumahnya agar lebih layak untuk dihuni,” katanya.

Baca Juga : Tiba di IKN, Akbar Ali Minta Jajarannya Cari Potensi Untuk Kemajuan Kota Parepare

Akbar juga menyampaikan terima kasih kepada warga sekitar yang selama ini telah membantu dalam meringankan beban keluarga tersebut.

Tentunya kami selaku pemerintah juga tidak tinggal diam dan segera memberikan pelayanan terbaik kepada warga. Sekaligus, kami juga mengimbau warga untuk melaporkan kepada pemerintah setempat jika menghadapi persoalan, dan kami siap tindaki saat itu juga,” ungkapnya.

Sementara, Kepala Puskesmas Lompoe, Dewi Sartika menerangkan, pihaknya akan segera menindaklanjuti amanah dari Pj Wali Kota untuk memeriksa kesehatan keluarga tersebut di RSUD Andi Makkasau.

Baca Juga : Pesan Akbar Ali di Hari Pendidikan Nasional

“Termasuk melakukan pemantauan dan pengawasan, terkait kondisi kesehatan dan gizi ibu dan anak tersebut,” jelasnya.

Sekadar diketahui, warga tersebut telah melahirkan di rumahnya tanpa sepengetahuan pihak RT/RW, puskesmas, lurah, maupun warga setempat. Namun, berbagai pihak tersebut telah mengupayakan untuk memberikan pelayanan namun dilakukan penolakan oleh pihak suami. Bahkan, sebelumnya juga telah dipantau secara intensif sebelum melahirkan.

Setelah dikunjungi oleh Pj Wali Kota, akhirnya pihak keluarga bersedia untuk ditangani oleh pemerintah.

Baca Juga : Pemkot Parepare Sukses Raih Juara Satu Penghargaan Pembangunan Daerah

Selanjutnya, warga tersebut juga tinggal bersama orang tuanya yang sakit, ditambah lagi kondisi tempat tinggi yang membutuhkan pembenahan. Sehingga, akan dilakukan perbaikan oleh instansi terkait atas perintah Pj Wali Kota Parepare.

Penulis : Hasrul Nawir
#Pemkot Parepare #PJ Wali Kota Parepare