Rabu, 08 November 2023 13:26

PLN Temui Wali Kota Makassar, Minta Maaf Soal Pemadaman Bergilir

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Manajer Komunikasi dan TJSL PLN UID Sulselrabar, Ahmad Amirul Syarief. (Foto: Pemkot Makassar)
Manajer Komunikasi dan TJSL PLN UID Sulselrabar, Ahmad Amirul Syarief. (Foto: Pemkot Makassar)

Dalam pertemuan dengan Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto, PLN meminta maaf atas pemadaman bergilir listrik di Makassar. Wali Kota menyayangkan kurangnya strategi pemadaman PLN dan menuntut tanggung jawab serta kompensasi atas kerugian masyarakat akibat pemadaman akhir-akhir ini.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Pejabat PLN Unit Induk Distribusi (UID) Sulselrabar datang menemui Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto, di Jalan Amirullah, Selasa (7/11/2023) malam.

Usai pertemuan, Danny Pomanto, sapaan akrab Wali Kota Makassar, mengatakan ada beberapa poin yang dibahas bersama pihak PLN.

Pertama, pihak PLN memohon maaf atas kondisi pemadaman listrik bergilir yang terjadi di Makassar akhir-akhir ini.

Baca Juga : Wali Kota Makassar Jamin Stok Elpiji Aman, Pertamina Bentuk Satgas Rafi

"Jadi, tadi pembesar-pembesar dari PLN, itu datang kepada kami. Pertama, menyampaikan penjelasan permohonan maaf, selama ini memang posisinya seperti ini," kata Danny Pomanto.

Kedua, Danny Pomanto menyampaikan to the point menyampaikan sudah terlalu banyak korban jiwa baik yang akibat langsung maupun tidak langsung karena listrik.

Begitupun dengan barang-barang elektronik, banyak barang masyarakat yang rusak dikarenakan korsleting listrik akibat pemadaman bergilir.

Baca Juga : Bersama Pejabat Pemkot Makassar,Zulkifli Nanda Belajar Tata Kelola Utilitas Bawah Tanah

Bahkan, Danny Pomanto menyebut pihak PLN tidak menunjukkan rasa penyesalan dan pedulinya terhadap masyarakat yang menjadi korban.

"Itu yang saya marah sebenarnya. Kita sudah tiga orang meninggal akibat kebakaran. Itu penyebabnya langsung maupun tidak langsung akibat PLN," ucapnya geram.

Danny Pomanto juga menyayangkan padamnya listrik pada saat puncak perayaan Hari Jadi Kota Makassar ke-416.

Baca Juga : Wali Kota Makassar Janji Alokasikan Rp1 Miliar Dana Hibah untuk Masjid Al-Markaz

"Yang saya terus terang kesal adalah kita ulang tahun persis dia tahu di situ itulah daerah pemadaman paling besar di situ. Berarti, kan, tidak ada sama sekali strategi pemadamannya ini, yang mana urgen mana tidak," ujarnya.

Meski begitu, Danny Pomanto menyarankan CSR PLN agar memeriksa rumah-rumah warga yang rawan terbakar akibat tegangan tinggi pasca pemadaman bergilir.

"Saya sampaikan bahwa tolong CSR-nya itu memeriksa rumah-rumah warga yang rawan terhadap kebakaran, terhadap kabel-kabel yang tidak lagi mampu menerima tegangan-tegangan mendadak naik turunnya yang bisa menyebabkan kebakaran," tuturnya.

Baca Juga : Kebijakan Beli Elpiji 3 Kg Pakai KTP, Pemkot Makassar Akan Intens Pantau

Ia juga secara tegas meminta PLN tanggung jawab atas kerugian yang dialami masyarakat akibat kondisi pemadaman bergilir. Apalagi tidak sedikit masyarakat yang marah dengan pemadaman pihak PLN.

"Sekarang tuntutan masyarakat, masyarakat bayar listrik, kenapa begini? Tidak ada perjanjian dengan mati lampu. Urusan cukup tidak cukup, bukan urusan masyarakat, masa masyarakat mesti menanggung cukup tidak cukup, padahal dia bayar. Sehingga harus ada kompensasi memang perlu," tuturnya.

Manajer Komunikasi dan TJSL PLN UID Sulselrabar, Ahmad Amirul Syarief, menyampaikan akan menindaklanjuti hasil koordinasi dengan Wali Kota Makassar, termasuk akan mengajak untuk melihat kontrol room PLN, sistem kelistrikan di Makassar.

Baca Juga : Bersama Wali Kota Makassar, Ketua DPRD Rudianto Lallo Tur Fasilitas Baru Kantor Balai Kota

"Kami tentunya akan menindaklanjuti sesuai hasil pembicaraan akan ada bantuan ke masyarakat. Juga ada aksi-aksi mengajak langsung Pak Wali melihat bagaimana kontrol room kita, bagaimana kelistrikan di Makassar," ujarnya.

Soal keresahan masyarakat, lanjut Ahmad, pihaknya sementara berusaha melakukan teknologi modifikasi cuaca di PLTA yang kekurangan air.

"Juga ada rencana relokasi pembangkit di luar Sulawesi yang masuk untuk menambah kapasitas pembangkit di sistem kelistrikan kita," ungkapnya.

Baca Juga : Bersama Wali Kota Makassar, Ketua DPRD Rudianto Lallo Tur Fasilitas Baru Kantor Balai Kota

Hanya, diakuinya, saat ini kondisi di PLTA masih belum signifikan sehingga masih ada masyarakat yang belum bisa menikmati listrik secara maksimal.

"Namun, harapan kami hujan yang turun di daerah aliran sungai yang menyuplai PLTA-PLTA besar kita. Kalau sekarang belum terlalu signifikan untuk bisa membantu meningkatkan kapasitas pembangkit," bebernya.

#pemkot makassar #Mohammad Ramdhan Pomanto