Senin, 16 Oktober 2023 11:24

Menu Western Chicken Ballotine Disulap jadi Citarasa Nusantara oleh Chef Ichal dari ICA Sulsel di Mifhex 2023

Lisa Emilda
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Chef ical sedang meracik dan meyulap ubi jalar menjadi makanan modern
Chef ical sedang meracik dan meyulap ubi jalar menjadi makanan modern

Bahan dasar ubi jalar diolah menjadi crumble punya nilai jual tinggi dibanding disajikan masih utuh

RAKYATKU.COM, MAKASSAR-- Makassar International Food and Horeca Expo (Mifhex) 2023 yang digelar perdana di kota Makassar tepatnya, di The Rinda hotel sejak tanggal 13-15 oktober 2023 berlangsung meriah.

Kemeriahan event bergengsi ini ditandai dengan padatnya venue tempat pelaksanaan Mifhex 2023.

Para vendor makanan dan minuman, perlengkapan HORECA, Jasa Boga, Bakery, Kopi Teh, Gelato, turut hadir.

Baca Juga : Poltekpar Makassar dan ICA Sulsel Turun ke Jalan Bagi Kue dan Tajil

Menariknya di ajang bergengsi ini Indonesia Chef Association (ICA) Sulsel akan diuji keahliannya meramu makanan dengan citarasa nusantara atau tradisional yang disajikan secara modern sehingga membuatnya naik kelas dan bergengsi.

"Pada Mifhex 2023 ada beberapa chef dari ICA menyajikan makanan nusantara dengan penyajian internasional dan makanan western dengan citarasa nusantara seperti pada menu western Chicken Ballotine yang saat ini disajikan dengan citarasa nusantara yaitu Toppalada," ujar Chef Ichal salah satu pengurus di ICA Sulsel.

Chicken Ballotine dipadu dgn bumbu khas toppalada makassar dan disajikan dengan ubi jalar dalam bentuk crumble dilengkapi sawi hijau yang ditumis dengan bawang putih, uniknya pada sentuhan terakhir diberi bumbu rempah jahe, serei, lengkuas menyerupai rasa wedang jahe, namun dalam bentuk buih atau busa atau dalam tehnik molekular gastronomy disebut FOAM (campuran stabilisator ) agar busa tidak mudah kempes sebagai penambah aroma penetlarisir.

Baca Juga : Peringatan HUT ke 416 Kota Makassar di The Rinra Makassar Hadirkan Menu Bandeng

Ichal juga mengungkapkan Mifhex 2023 yang perdana digelar di Makassar merupakan acara yang sangat menginspirasi para pengunjung karena selain mendapatkan edukasi tentang cara memasak dan menyajikan makanan dengan baik para pengunjung akan bertemu dengan para jebolan chef ICA yang tidak diragukan lagi kelihaian tangannya dalam meracik dan menyajikan aneka makanan.

Selain itu para jebolah ICA ini bersama master chef Indonesia Chef Juna akan melakukan demo masak, menariknya hasil masakan tersebut dapat dinikmati oleh para pengunjung pameran.

" Pengunjung sangat antusias melihat aksi demo masak para Chef ICA dan Chef Juna, hingga tak seorang pun pengunjung yang beranjak dari tempat sampai acara ini selesai," ujar Ichal yang juga Kepala Koki di Restoran ternama di Makassar Goodfield Resto.

Baca Juga : Sulap Ikan Kakap dan Ubi Ungu Jadi Penganan Enak, ICA Sulsel Unjuk Gigi di Ajang Bergengsi Mifhex 2023

"Kami dari ICA bersyukur karena Mifhex bisa digelar di kota Makassar, selain semakin menguatkan tagline pemerintah Makassar kota Makan enak kegiatan ini bisa menjadi salah satu roda penggerak ekonomi di Makassar dan Sulsel karena banyak vendor yang mulai melirik Makassar untuk melakukan kegiatan besar seperti Mifhex ini," tutupnya.

#Chef Ichal #Ica sulsel #MAKASSAR INTERNATIONAL FOOD DAN HORECA Expo (Mifhex) 2023