Selasa, 19 September 2023 22:51

40 Peserta PKP Angkatan III Tahun 2023 Sambangi Kanwil Kemenkumham Sulsel

Lisa Emilda
Konten Redaksi Rakyatku.Com
40 Peserta PKP Angkatan III Tahun 2023 Sambangi Kanwil Kemenkumham Sulsel

Program Kemenkumham tersebut diberikan kepada peserta dalam rangka menjawab tuntutan atas kebutuhan organisasi

RAKYATKU.COM, MAKASSAR--Sebanyak 40 Peserta Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (PKP) Angkatan III Tahun 2023, Pusat Pelatihan dan Pengembanan dan Kajian Desentralisasi dan Otonomi Daerah, di Lingkungan Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) beserta Jajaran Widyaiswara dari Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia (LAN RI), menyambangi Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan (Kanwil Kemenkumham Sulsel).

Kunjungan peserta diterima oleh Jajaran Pimpinan yang diwakili oleh Kepala Bidang Pembinaan, Bimbingan, dan Teknologi Informasi Rahnianto dan Kepala Subbagian Kepegawaian dan Rumah Tangga Andi Rahmat di Aula Bhinneka Tunggal Ika Kanwil Kemenkumham Sulsel pada Selasa (19/09).

Mewakili Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Liberti Sitinjak, Rahnianto mengucapkan terima kasih kepada para peserta yang telah berkunjung ke Kanwil Kemenkumham Sulsel.

Baca Juga : Gelar Upacara Peringati HBP ke-60, Kakanwil Kemenkumham Sulsel, Katakan ini

Rahnianto mengapresiasi kepada para peserta yang telah selesai melakukan studi lapangan ke sejumlah Unit Pelaksana Teknis (UPT) di Makassar.

Dengan selesainya studi lapangan, Rahnianto kembali mengingatkan bahwa para peserta masih harus mengerjakan tugas selanjutnya, yaitu Penyusunan Aksi Perubahan. “Bapak/Ibu nanti akan menyusun Rencana Aksi Perubahan. Penyusunan ini tentu menggunakan data dukung yang sebelumnya diperoleh dari studi lapangan selama di Makassar.” kata Rahnianto dalam amanat Kakanwil Liberti Sitinjak.

Rahnianto kemudian ungkapkan program PKP ini sejalan dengan program Kemenkumham, diantaranya adalah program PKP untuk pejabat setingkat Eselon IV dan program Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) untuk pejabat setingkat Eselon III.

Baca Juga : Lantik PPNS, MPDN dan Notaris Pengganti, Liberti Sitinjak Berpesan Jaga Netralitas

“Program Kemenkumham tersebut diberikan kepada peserta dalam rangka menjawab tuntutan atas kebutuhan organisasi, sekaligus meningkatkan kemampuan masing-masing peserta untuk nantinya dapat diimplementasikan di unit kerja masing-masing peserta.” ungkap Rahnianto.

Rahnianto berharap agar seluruh peserta tidak hanya meningkatkan kemampuan melalui diklat PKP ini saja, melainkan dapat mengikuti pendidikan dan pelatihan (diklat) yang diselenggarakan oleh Kanwil maupun Unit Eselon I berupa konsultasi teknis (kostek), bimibngan teknis (bimtek), dll.

“Semangat menyelesaikan diklat! Mudah-mudahan di antara bapak/ibu, ada yang menjadi peserta terbaik. Yang penting bisa selesaikan diklat ini dengan hasil yang terbaik.” pesan Rahnianto menyemangati peserta.

Baca Juga : Kakanwil Kemenkumham Sulsel Terima Kunjungan Ketua Pengadilan Tinggi Makassar

Sementara itu, Widyaiswara Ahli Madya LAN RI Dr. M. Harry Rahmadi menyampaikan, pihaknya beserta para peserta menyambangi Kanwil Kemenkumham Sulsel dalam rangka mempelajari beberapa hal yang ada di Kanwil Kemenkumham Sulsel sekaligus berpamitan sebelum peserta kembali ke unit kerjanya masing-masing.

Lanjut Harry, lokus peserta PKP Angkatan III ini berbeda dengan lokus peserta PKP pada angkatan sebelumnya. “Lokus pada angkatan ke-III ini selain Kemenkumham, yaitu Dinas Sosial Kota Makassar, Dinas Komunuikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Makassar, Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kota Makassar, serta Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Makassar.” jelas Harry.

Harry berharap melalui kunjungan ini, seluruh peserta PKP Angkatan III dapat membuka khasanah wawasan agar nantinya dapat menciptakan pelayanan publik yang lebih baik di unit kerjanya masing-masing.(**)

#Kemenkumham Sulsel #PKP