Rabu, 30 Agustus 2023 18:17

Mahasiswa Baru Uniprima Terima Materi Bela Negara dari Dandim 1406 Wajo

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Mahasiswa Baru Uniprima Terima Materi Bela Negara dari Dandim 1406 Wajo

"Jangan ikut-ikutan dengan ajaran yang tidak sesuai aturan sehingga dapat merugikan diri sendiri dan dapat memecah persatuan dan kesatuan"

RAKYATKU.COM, WAJO - Komandan Distrik Militer (Dandim) 1406 Wajo, Letkol Inf. Wahyu Yunus membawakan materi bela negara dan wawasan kebangsaan kepada 535 mahasiswa baru Uniprima puangrimaggalatung di ruang pola bupati, jalan Rusa No 17, Kelurahan Bulu Pabbulu, Kecamatan Tempe pada Selasa (29/08/2023).

Pada kesempatan itu, Dandim 1406 wajo menyampaikan bahwa mahasiswa merupakan calon pemimpin serta memiliki peran besar untuk kemajuan bangsa dimasa mendatang.

Untuk itu lanjut wahyu, mahasiswa harus berusa menjadi generasi yang maju dan unggul serta menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK).

Baca Juga : Kodim Wajo Gelar Karya Bakti Sosial Peduli Lingkungan

"Jangan ikut-ikutan dengan ajaran yang tidak sesuai aturan sehingga dapat merugikan diri sendiri dan dapat memecah persatuan dan kesatuan. Jangan apatis, namun berbuat baik demi kemajuan negara kita, karena generasi muda khususnya mahasiswa itu merupakan penentu masa depan suatu bangsa," ucap Letkol Inf Wahyu.

Wahyu juga menambahkan, perang saat ini tidak saja di militer, tetapi meliputi ideologi politik, ekonomi, sosial budaya, psikologi hingga teknologi informasi.

"Salah satu ancaman saat ini adalah proxy war, yakni perang terselubung dimana salah satu pihak menggunakan pihak ketiga untuk melawan musuh," tambah Letkol Inf Wahyu.

Baca Juga : 26 Desa Gelar Pilkades Serentak, Bupati dan Forkopimda Wajo Keliling Pantau TPS

Ia berharap kepada semua adik-adik mahasiswa untuk tetap meningkatkan rasa nasionalisme dan cinta akan tanah air. Bela negara pada zaman dahulu melawan penjajah-penjajah yakni berjuang untuk merdeka, tetapi beda dengan sekarang harus adaptif, kompetitif dan sinergis.

Penulis : Abd Rasyid. MS
#Kodim Wajo