Minggu, 27 Agustus 2023 23:31

Dandim 1406/Wajo, Siap Turunkan 242 Personil pada Pilkades serentak

Usman Pala
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Dandim 1406/Wajo, Siap Turunkan 242 Personil pada Pilkades serentak

Wahyu, menjelaskan bahwa teleh menyiapkan para babinsa di daerah yang melaksanakan pilkades.

RAKYATKU.COM, WAJO -- Dalam rangka pengamanan Pesta Demokrasi Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di 26 Desa di 9 Kecamatan di Kabupaten Wajo. Dandim 1406/Wajo akan menyiapkan kekuatan sekitar 242 personil.

Dimulai sejak penetapan sampai pengundian nomer urut, kemudian nanti akan dipertebal sampai pada masa kampanye hingga pelaksanaan Pilkades yang akan diselenggarakan pada 23 Oktober 2023 mendatang, ujar Dandim 1406 Wajo, Letkol inf. Wahyu Yunus. Minggu (27/08/2023).

Wahyu, menjelaskan bahwa teleh menyiapkan para babinsa di daerah yang melaksanakan pilkades.

Baca Juga : Dinas PMD Wajo Berikan Pembekalan Persiapan Pelaksanaan Pilkades Serentak 2023

Dimana, kata wahyu bertujuan guna mengamankan Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada wilayah yang melaksanakan pemilihan kepala desa, tentu tetap berkoordinasi bersama pihak kepolisian dalam hal ini polsek polsek di wilayah setempat.

"Sebelum kita melaksanakan tahapannya dari KPU tentu pertama dilakukan yakni pra patroli memantau situasi sebelum pemilihan kepala desa sehingga personil sudah siap untuk mengawal keamanan saat pemilihan tersebut berlangsung," kata Wahyu.

Ia juga mengungkapkan bahwa dalam menghadapi pilkades serentak di 26 desa tersebut ada 242 personil TNI yang disiapkan sesuai jumlah pasukan.

Baca Juga : 103 Kades Terpilih Resmi Dilantik, Ini Pesan Bupati Wajo

"Bagi Babinsa yang wilayahnya tidak melaksanakan pemilihan, maka kami perbantukan kepada desa yang melakukan pemilihan sebagai penguatan personi," tambah wahyu.

Dirinya menghimbau kepada masyarakat dan calon kades dalam melaksanakan Pilkades agar tetap disiplin berharap agar nanti pemilihan berjalan kondusif, damai, sesuai motto "Pemilu Yang Damai" serta para babinsa diminta untuk tetap netral dan tidak berpihak kepada salah satu calon kepala desa.

Penulis : Abd Rasyid. MS
#Dandim 1406/Wajo #Pilkades Wajo