Senin, 07 Agustus 2023 09:43

Menteri Agama: Perawatan Jemaah Haji Sakit Dilanjutkan hingga Layak Terbang Pulang ke Tanah Air

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Menteri Agama (Menag), Yaqut Cholil Qoumas. (Foto: Kementerian Agama)
Menteri Agama (Menag), Yaqut Cholil Qoumas. (Foto: Kementerian Agama)

Menteri Agama (Menag), Yaqut Cholil Qoumas, mengumumkan perawatan 77 jemaah haji sakit di RS Arab Saudi akan terus dilakukan hingga mereka dianggap layak untuk pulang ke tanah air. Selain itu, upaya pencarian satu jemaah haji yang hilang, yaitu Idun Rohim Zen, juga akan tetap dilanjutkan hingga ditemukan, dengan bantuan otoritas Arab Saudi.

RAKYATKU.COM, JAKARTA - Operasional penyelenggaraan ibadah haji 1444H/2023M berakhir. Namun demikian, hingga saat ini masih ada 77 jemaah haji sakit yang masih dirawat di RS Arab Saudi.

Menteri Agama (Menag), Yaqut Cholil Qoumas, mengatakan perawatan para jemaah ini terus dilakukan hingga mereka dinyatakan layak terbang.

 

"Perawatan 77 jemaah sakit akan terus dilanjutkan di RS Arab Saudi sampai jemaah dinyatakan layak terbang untuk di antar pulang ke Tanah Air," kata Menag Yaqut dikutip laman resmi Kementerian Agama (Kemenag), Senin (7/8/2023).

Baca Juga : Pengumuman Hasil Seleksi PPIH Arab Saudi 1445 H Diundur

Pemantauan jemaah sakit, kata Menag Yaqut, akan dilanjutkan Tim Kantor Urusan Haji (KUH) KJRI Jeddah. "Keluarga jemaah dapat meng-update kondisi jemaah sakit secara berkala melalui Call Center Kementerian Agama di 146," ujarnya.

Jemaah Hilang

Menag Yaqut juga menyampaikan pencarian satu jemaah yang hilang saat masa puncak haji tetap dilanjutkan sampai batas waktu yang tidak ditentukan.

Baca Juga : Penerimaan Mahasiswa Baru PTKIN Dibuka

"Saat masa puncak haji kemarin ada delapan jemaah haji yang hilang. Tujuh di antaranya sudah ditemukan, baik dalam kondisi hidup maupun meninggal dunia," ungkapnya.

"Tinggal satu lagi yang belum ditemukan dan ini saya minta tetap diteruskan pencariannya hingga ditemukan, dalam kondisi apa pun," imbuhnya.

Berdasarkan data, satu jemaah yang belum ditemukan bernama Idun Rohim Zen (87) yang tergabung dalam kloter 20 Embarkasi Palembang (PLM 20).

Baca Juga : Kemenag dan Baznas kirim 10 Truk Bantuan Kemanusiaan untuk Palestina

Saat ini pencarian Idun dilakukan pihak Kantor Urusan Haji (KUH) bersama dengan otoritas Arab Saudi. "Kita tunggu perkembangan dari sana. Otoritas Arab Saudi juga sudah dilibatkan. Semua kita cek ulang. Termasuk pemantauan CCTV oleh pihak otoritas keamanan Arab Saudi," beber Menag Yaqut.

#kementerian agama #Haji 2023 #Yaqut Cholil Qoumas