Sabtu, 22 Juli 2023 16:24

Bukit Baruga Berikan Wadah Pengembangan Bisnis UMKM

Usman Pala
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Bukit Baruga Berikan Wadah Pengembangan Bisnis UMKM

Estate Operational Manager PT. Baruga Asrinusa Development, Edy Kamal menjelaskan Baruga Market ini merupakan program yang diinisiasi oleh Manajemen dan Pengelola Bukit Baruga untuk turut berkontribusi memberikan dampak positif bagi lingkungan sekitar.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR -- Kabar baik untuk warga Bukit Baruga yang memiliki usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Kini telah hadir program Baruga Market sebagai wadah untuk mengembangkan UMKM milik warga Bukit Baruga agar bisa dikenal secara meluas.

Estate Operational Manager PT. Baruga Asrinusa Development, Edy Kamal menjelaskan Baruga Market ini merupakan program yang diinisiasi oleh Manajemen dan Pengelola Bukit Baruga untuk turut berkontribusi memberikan dampak positif bagi lingkungan sekitar.

Baruga Market ini semacam Customer Gathering, ya. Artinya kita ingin lebih dekat lagi dengan warga-warga Bukit Baruga, sebagai customer-nya kita. Apalagi ini sangat baik, kedepannya ini menjadi langkah konkrit dari manajemen dan pengelola untuk terus berkolaborasi dengan warga untuk kebaikan bersama, untuk Bukit Baruga juga pastinya,” jelas Edi pada Sabtu (22/7/2023).

Baca Juga : Manfaatkan Momentum Ramadan, KALLA Land & Property Berbagi Kebahagiaan Bersama 1.000 Anak Panti

Menurut Edy, Baruga Market ini menjadi langkah inovatif yang memiliki dampak positif untuk warga Bukit Baruga.

“Selama ini kita hanya mengetahui, ada banyak produk unggulan yang berasal dari warga Bukit Baruga, bahkan beberapa UMKM - nya itu pun sudah cukup familier di publik. Baruga Market ini memudahkan kita untuk mengidentifikasi potensi UMKM yang dapat dikembangkan tak menutup kemungkinan bisa berkolaborasi dengan manajemen melalui Pengelola Bukit Baruga,” tambahnya.

Sebanyak 54 tenant yang diikuti oleh warga serta karyawan Bukit Baruga antusias dalam memamerkan produk-produk unggulannya. Mulai dari produk kuliner, kerajinan tangan hingga pakaian.

Baca Juga : Wujudkan Hunian yang Tenang bak Bunga Lavender, Claster Serenity Garden Siap Dibangun

“Ini melebihi ekspektasi kita. Pengunjungnya pun ramai, layaknya pasar rakyat atau car free day tapi ini lokasinya di Bukit Baruga, alhamdulillah warga disini sangat antusias dan menyambut positif program ini,” sambung Edy.

Untuk saat ini, lanjut Edy, Baruga Market akan rutin dilakukan setiap sebulan sekali. “Untuk tanggalnya kita menyesuiakan pada hari sabtu terakhir di setiap bulannya. Jika traffic -nya konsisten tinggi, mungkin bisa ditambah menjadi dua kali dalam sebulan, atau akan rutin dilaksanakan setiap pekannya, begitu kira-kira harapan kami kedepannya,” urainya.

Ilham, salah satu pengisi tenant Baruga Market mengaku senang telah diberikan kesempatan untuk ikut berpartisipasi mengisi tenant yang diberikan panitia. “Alhamdulillah senang mendapat suasana baru di Bukit Baruga, apalagi diberikan kesempatan untuk mengembangkan usaha kecil-kecilan keluarga. Apalagi tidak dikenakan biaya untuk mengisi tenant-nya,” kata Ilham.

Baca Juga : Pelanggan yang Mengunjungi Stand Pameran Bukit Baruga Berkesempatan Mendapatkan Voucher Paket Wisata

Sekadar diketahui, Ilham menjual pakaian wanita (daster) yang bermotif kekinian. Ilham tak menyangka ternyata cukup banyak pengunjung yang memiliki ketertarikan terhadap daster jualannya.

“Start dari pagi jam 6 sampai jam 9 ini, alhamdulillah ramai pembeli. Omzet dari jualan di Baruga Market ini kurang lebih Rp 1.500.000, melebihi dari target kami sebagai penjual,” tutupnya dengan riang.

#bukit baruga #Baruga Market