Kamis, 08 Juni 2023 19:20

MARI Bersama Damkar kota Makassar Gelar Simulasi Keadaan Darurat, Guna Tingkatkan Keamanan dan Keselamatan

Lisa Emilda
Konten Redaksi Rakyatku.Com
MARI Bersama Damkar kota Makassar Gelar Simulasi Keadaan Darurat, Guna Tingkatkan Keamanan dan Keselamatan

Dua unit pemadam kebakaran diluncurkan dari markas komando terdekat. Pemadaman api dilakukan dengan menggunakan water canon untuk unit yang terdekat dengan api

RAKYATKU.COM, MAKASSAR--Untuk meningkatkan dan memastikan keselamatan pengunjung, Mal Ratu Indah (MaRI) menggelar program simulasi evakuasi dan penanggulangan kebakaran, Kamis (8/6).

Simulasi ini bekerjasama dan didukung oleh Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kota Makassar, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Makassar, Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Makassar, dan tim KALLA Rescue.

Giat ini dilaksanakan selama dua hari, 7-8 Juni 2023.

Baca Juga : Mal Ratu Indah Hadirkan Fasilitas Nursing Room di Hari Perempuan Internasional

Pada hari pertama, dilakukan sosialisasi pelatihan evakuasi dan penanganan keadaan darurat kebakaran bersama tim Emergency Response Team (ERT) Mal Ratu Indah yang melibatkan pengelola mal dan seluruh tenant setiap lantai. Hari kedua pada sesi pertama di pagi hari dilakukan sosialisasi teknik penggunaan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) sebelum melakukan simulasi penanganan kebakaran langsung di lapangan.

Richard Abraham selaku Property General Manager KALLA Land & Property mengungkapkan simulasi ini adalah agenda rutin tahunan yang dilakukan di seluruh unit properti KALLA untuk meningkatkan keamanan dan keselamatan.

“Simulasi ini adalah salah satu proses terkait kesigapan tanggap bagi semua tim yang ada terutama tim building dengan melibatkan seluruh unsur di dalamnya yaitu pengunjung, tenant, dinas terkait, termasuk kepolisian dan TNI dari Koramil,” ungkapnya.

Baca Juga : HUT Mal Ratu Indah, Kallafriends Bagi-Bagi Kado Spesial Puluhan Juta Rupiah

Richard menambahkan simulasi ini sangat penting dan vital bagi semua pihak yang terlibat di gedung agar memahami dan mengetahui kondisi apabila menghadapi situasi darurat.

“Diingatkan dan di refresh kembali terkait sikap dan respon kita pada saat menghadapi keadaan darurat termasuk kebakaran,” tambahnya.

Dua unit pemadam kebakaran diluncurkan dari markas komando terdekat. Pemadaman api dilakukan dengan menggunakan water canon untuk unit yang terdekat dengan api. Lalu unit kedua parkir di depan mal dengan menggunakan metode breaking chain connection untuk upaya memutus rantai api. Evakuasi luar gedung juga dilakukan menggunakan tali dengan kondisi tangga darurat sudah tidak bisa diakses oleh pengunjung karena dipenuhi oleh asap.

Baca Juga : MaRI-Kodam XIV Hasanuddin Gelar Bakti Sosial Donor Darah

Pada kesempatan yang sama, Koordinator Bidang Pemadam Kebakaran, Abdul Fahmi mengatakan bahwa pusat perbelanjaan memiliki standar simulasi yang tidak mudah.

“Standar simulasi harus melibatkan semua stakeholder, sebab melakukan simulasi tidak semudah yang dipikirkan terutama mal yang melibatkan banyak pengunjung, perlu kehati-hatian karena tidak semua kondisi pengunjung sama. Ada anak-anak, lansia, dan Ibu hamil yang perlu perlakuan khusus dalam melakukan evakuasi simulasi,” pungkasnya.

Diketahui, Mal Ratu Indah memiliki 4 jalur evakuasi yang tersebar di setiap lantai. Seluruh area gedung dilengkapi 92 titik APAR dan hydrant serta smoke detector maupun sprinkler di setiap tenant.

Baca Juga : Unduh Kallafriends dan Tukarkan 5.000 Kalla Points untuk 1 Menu Pilihan di Gastros Cafe

Tak hanya itu, Mal Ratu Indah memiliki internal Emergency Team Response (ETR) yang rutin melakukan pengecekan dan pemantauan terhadap alat-alat pemadam yang terpasang.

Setelah Mal Ratu Indah, simulasi keadaan darurat akan dilakukan di NIPAH PARK dan Wisma Kalla. Simulasi ini dilakukan untuk menjaga kepercayaan pengunjung terkait aspek keamanan dan keselamatan seluruh properti komersial yang berada di bawah naungan KALLA Property.(**)

#Damkar Kota Makassar #MaRI