Rabu, 07 Juni 2023 19:20

Kejuaraan Kasal Cup MMA Turut Meriahkan MNEK 2023

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Laga Kasal Cup MMA di Pantai Losari, Makassar dalam rangkaian Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2023. (Foto / Rakyatku)
Laga Kasal Cup MMA di Pantai Losari, Makassar dalam rangkaian Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2023. (Foto / Rakyatku)

"Jadi jiwa kesatria, jiwa petarung yang jantan, itu lelaki. Bukan taunya keroyokan, tawuran apalagi main panah-panah sembunyi-sembunyi, itu pengecut. Kalau kamu laki-laki tunjukkan di sini,"

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) yang digelar di Kota Makassar, Sulsel akan berlangsung pada tanggal 5 hingga 8 Juni 2023.

Latihan militer bertaraf internasional yang diikuti Angkatan Laut 36 negara ini juga diisi dengan kegiatan lain yang dilaksanakan di Pantai Losari.

Salah satu kegiatan yang turut memeriahkan rangkaian MNEK 2023 adalah Kejuaraan Kasal Cup Mixed Martial Arts (MMA). Kompetisi olahraga beladiri campuran ini dilaksanakan di Pantai Losari pada Selasa 6 Juni 2023.

Baca Juga : Coto Makassar Mendunia, Dilombakan Dalam MNEK 2023

"Ada sepuluh partai dipertandingkan.

Ada dari marinir, Angkatan Darat, Polri, ada dari Jawa Tengah, Kalimantan, ada Nusa Tenggara, macam-macam dari klub berbeda," kata Komandan Lantamal VI Makassar Brigjen TNI Amir Kasman.

Dikatakan, penampilan ini memang telah direncanakan sebelumnya.

Baca Juga : Panglima TNI Terkesima Melihat Pembangunan Kapal Pinisi

Sebagaimana diketahui olah raga ini menjadi sangat populer beberapa tahun terakhir. Jenis olah raga ini telah membuat Khabib Nurmagomedov, seniman bela diri campuran profesional asal Rusia sangat terkenal.

"MMA ini memang kita rencanakan dalam rangkah memeriahkan kegiatan MNEK. Ini sifatnya kegiatan tambahan saja untuk menghibur masyarakat Makassar," sebut Brigjen TNI Amir.

Adapun Kejuaraan Kasal Cup MMA ini diharapkan menjadi motifasi dan mencari petarung-petarung mudah berbakat.

Baca Juga : Danny Pomanto Sisir Laut di Depan Pantai Losari

"Sasarannya adalah kita mengharapkan muncul petarung-petarung sejati putra putri terbaik Makassar. Sebagai contoh bahwa, bila punya kemampuan sebaiknya disalurkan melalui kegiatan positif, bukan tawuran bukan perkelahian, yang jantan ini bertarung, fighter," bebernya.

Disebutkan, dengan menyalurkan kemampuan pada hal-hal yang positif akan memunculkan jiwa kesatria. Selain itu akan mengurangi tindakan-tindakan yang mengganggu di tengah-tengah masyarakat.

"Jadi jiwa kesatria, jiwa petarung yang jantan, itu lelaki. Bukan taunya keroyokan, tawuran apalagi main panah-panah sembunyi-sembunyi, itu pengecut. Kalau kamu laki-laki tunjukkan di sini," katanya lagi.

Baca Juga : Balas Kekalahan, Israel Adesanya Hajar KO Alex Pereira

Kompetisi ini dihadiri langsung oleh Kasal Laksamana TNI Muhammad Ali. Didampingi beberapa pejabat TNI AL dan para Delegasi negara sahabat peserta MNEK 2023 Kasal turut menyaksikan pertarungan para fighters.

Diakhir kegiatan, Laksamana TNI Muhammad Ali menyerahkan secara langsung medali, piagam dan uang pembinaan kepada para fighter.

Adapun kategori kelas yang dipertandingkan dalam Kejuaraan Kasal Cup MMA ini diantaraya kelas putra meliputi kelas 52 kg, kelas 56 kg putra, kelas 61 kg, kelas 65 kg, kelas 71 kg, dan kelas 77 kg. Sedangkan di kelas putri yang dipertandingkan yaitu kelas 52 kg dan 56 kg.

#mnek #MMA #UFC