Senin, 05 Juni 2023 13:42

Upacara Harla Pancasila, Wabup Enrekang Tekankan Visi Indonesia Emas 2045

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Wakil Bupati (Wabup) Enrekang, Asman.
Wakil Bupati (Wabup) Enrekang, Asman.

Wakil Bupati (Wabup) Enrekang, Asman, memimpin upacara Harla Pancasila 2023 di Enrekang dan menekankan visi Indonesia Emas 2045 untuk menjadi bangsa unggul dengan sumber daya manusia yang berkualitas dan menghormati pluralisme serta nilai-nilai etika.

RAKYATKU.COM, ENREKANG - Wakil Bupati (Wabup) Enrekang, Asman, memimpin upacara peringatan Hari Lahir (Harla) Pancasila 2023 tingkat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Enrekang di alun-alun Lapangan Batili, Senin (5/6/2023).

Selain Ketua DPRD Enrekang, Idris Sadik, yang bertindak sebagai pembaca Pancasila, hadir pula Sekretaris Daerah (Sekda) Enrekang, Baba, para asisten, staf ahli bupati, sejumlah kepala perangkat daerah, pegawai lingkup Pemkab Enrekang, serta mahasiswa dan pelajar.

Dalam amanatnya, Asmam membacakan pidato Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) yang menyatakan bahwa Hari Lahir Pancasila yang diperingati tiap 1 Juni memiliki makna mendalam bagi rakyat dan bangsa Indonesia.

Baca Juga : Bupati Enrekang dan Wakilnya Apresiasi Antusiasme Masyarakat Saat Pembukaan Mafest 2023

Tidak hanya mengangkat Pancasila sebagai dasar negara dan tujuan bersama, tetapi juga menjadikannya sebagai panduan dalam kehidupan sehari-hari.

"Ke depannya, kita akan mewujudkan visi Indonesia emas 2045 dan impian Indonesia 2085, yaitu menjadi bangsa yang memiliki sumber daya manusia (SDM) dengan kecerdasan yang mengungguli bangsa-bangsa lain di dunia, serta menghormati pluralisme, kebudayaan, dan nilai-nilai etika," ujar Asman.

Pada 2024 nanti, kata Asman, akan berlangsung pesta demokrasi serentak melalui penyelenggaraan pemilihan umum (pemilu). "Untuk itu, saya mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama menjadikan pemilu tersebut sukses, jujur, aman, dan damai," serunya.

Baca Juga : Sofha Cicipi Pangan Berbahan Pisang, Bupati Perkenalkan Enrekang Sebagai Penghasil Sayur

Menutup sambutannya, Asman mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

"Semoga melalui peringatan Hari Lahir Pancasila tanggal 1 Juni 2023 ini, kita dapat meningkatkan kinerja, meraih prestasi, menciptakan terobosan, serta menginspirasi pembaharuan di tahun 2024 dan masa depan yang akan datang," ucapnya.

#pemkab enrekang