Kamis, 18 Mei 2023 12:04

Pemkab Lutra Sambut Positif Penerbangan Perintis Susi Air, Dorong Progres BISA Smart City

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
(Foto: Pemkab Luwu Utara)
(Foto: Pemkab Luwu Utara)

Pemkab Lutra menyambut penerbangan perintis Susi Air dengan rute Makassar-Masamba-Sorowako yang diharapkan mempercepat progres BISA Smart City dan pengembangan Smart Branding di Luwu Utara. Penerbangan ini menghemat waktu dan biaya serta memungkinkan masyarakat melakukan perjalanan dengan lebih efisien dan nyaman.

RAKYATKU.COM, LUWU UTARA - Pemerintah Kabupaten Luwu Utara (Pemkab Lutra) menyambut positif penerbangan bersubsidi pesawat perintis Susi Air dengan rute Makassar-Masamba-Sosrowako pergi-pulang (PP) yang direncanakan akan dilaksanakan pada 23 Mei 2023 nanti.

Penerbangan yang terlaksana berkat upaya Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Pemprov Sulsel) ini diharapkan mempercepat progres dalam mencapai target dan quick wins BISA Smart City serta mendorong pengembangan Dimensi Smart Branding di Luwu Utara.

Diketahui, salah satu quick wins pada dimensi smart branding adalah Road to Pesawat ATR72 di Bandara Andi Djemma Masamba.

Baca Juga : Indah Target Luwu Utara jadi Pelopor Guru Penggerak

"Penerbangan perdana perintis ini adalah salah satu upaya pencapaian BISA Smart City di Luwu Utara. Salah satunya adalah Road To Pesawat ATR72 pada Dimensi Smart Branding," ujar Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian (Kominfo-SP) Luwu Utara, Nursalim, Rabu (17/5/2023).

Sementara terkait penerbangan perdana pesawat perintis rute Makassar-Masamba-Sorowako PP, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Luwu Utara, Enyon, menyambut baik kabar tersebut. "Alhamdulilah, semua menyambut baik, dengan alasan bahwa dengan penerbangan perintis tersebut dapat menghemat waktu," kata Enyon.

Kata Enyon, selain pertimbangan waktu, biaya juga menjadi pertimbangan lain kenapa rencana penerbangan pesawat perintis disambut baik. "Jika menggunakan kendaraan pribadi, jauh lebih besar biayanya dan kalau bus umum hanya selisih sedikit. Waktu juga dapat dihemat dan tentunya lebih nyaman," terangnya.

Baca Juga : Bupati Luwu Utara Apresiasi Kamp Pemuda PPGT Klasis Sangbualambe'

Keistimewaan lain, lanjut Enyon, adalah masyarakat tak lagi butuh waktu lama dan biaya transit yang besar saat akan melanjutkan perjalanan ke luar Sulsel. "Jadi, pada prinsipnya masyarakat menyambut baik," tuturnya.

Untuk diketahui, tarif penerbangan pesawat perintis rute Makassar – Masamba Rp457.880. Sementara, untuk rute Masamba – Makassar Rp358.000, dengan pesawat perintis jenis LET 410 Susi Air kapasitas 18 kursi.

#pemkab luwu utara #Susi Air