Minggu, 05 Mei 2024 20:45

Tetap #Cari_Aman Berkendara di Tengah Cuaca Panas

Lisa Emilda
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Instruktur Safety Rifing Wanny memberikan pengarahan tentang #cari_aman berkendara di jalan
Instruktur Safety Rifing Wanny memberikan pengarahan tentang #cari_aman berkendara di jalan

Pengendara juga disarankan untuk menggunakan helm bervisor gelap atau kaca mata hitam agar mata tidak cepat lelah karena cahaya matahari. Lalu, selalu gunakan masker atau buff agar asap kendaraan dan debu di jalan raya tidak terhirup

RAKYATKU.COM, KENDARI --Cuaca panas akan memengaruhi kenyamanan dan keamanan berkendara sepeda motor di jalan raya. Sebab, cuaca panas dapat menyebabkan kelelahan dan dehidrasi. Penting bagi pengendara untuk melakukan pencegahan agar tetap aman dan nyaman saat memacu sepeda motor dalam beraktivitas.

Astra Motor Sulawesi Selatan selaku main dealer sepeda motor Honda untuk wilayah Sulawesi Selatan, Barat, Tenggara, dan Ambon, pun membagikan tips Cari_Aman saat berkendara di tengah cuaca yang panas.

Instruktur Safety Riding Wanny menuturkan bahwa pengendara disarankan menggunakan jaket berventilasi lengkap dengan sarung tangan dan sepatu saat berkendara saat cuaca panas. Hal itu bertujuan untuk melindungi kulit dari sengatan matahari sekaligus menurunkan suhu tubuh, sehingga tidak mudah lelah dan dehidrasi karena kepanasan.

Baca Juga : Astra Motor Sulawesi Selatan Intens Tumbuhkan Generasi #Cari_Aman kepada Pelajar

"Pengendara juga disarankan untuk menggunakan helm bervisor gelap atau kaca mata hitam agar mata tidak cepat lelah karena cahaya matahari. Lalu, selalu gunakan masker atau buff agar asap kendaraan dan debu di jalan raya tidak terhirup," ucap Wanny.

Wanny juga mengimbau pengendara untuk banyak minum air agar terhindar dari dehidrasi. Sebab, kekurangan cairan dalam tubuh dapat menimbulkan masalah kesehatan, seperti kelelahan, migran, dan pingsan.

"Dan tetap selalu waspada dalam kondisi apapun. Kewaspadaan ini misalnya dapat membaca situasi dan kondisi jalan yang berpotensi menyebabkan kecelakaan," ucapnya.

Baca Juga : Perkuat Keselamatan Berkendara, Astra Motor Sulawesi Selatan Beri Edukasi #Cari_Aman kepada ASN di Gowa

Selain itu, kata Wanny, cuaca panas berpotensi menyebabkan motor mengalami overheat. Untuk itu, pengendara harus melakukan beberapa cara agar motor terhindar dari overheat di tengah cuaca panas.

Pertama, jangan menahan gas motor saat berhenti atau melakukan pengereman. Kedua, selalu servis rutin motor dengan melakukan perawatan dan pembersihan pada radiator. Ketiga, rutin mengganti oli yang asli dari Honda.

"Semua itu dilakukan agar pengendara tetap dapat berkendara dengan aman dan nyaman meski cuaca panas sedang melanda," ucap Wanny.

##Cari_aman #Safety Riding