Selasa, 16 Mei 2023 11:14

Final Sepak Bola SEA Games 2023 Indonesia Vs Thailand, Indra Sjafri: Atas Izin Allah Medali Emas

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
(Foto: PSSI)
(Foto: PSSI)

Timnas Indonesia U-22 akan melawan Thailand pada final sepak bola SEA Games 2023 di Kamboja, menjadi momentum penting bagi skuat Garuda untuk mengakhiri penantian 32 tahun meraih medali emas SEA Games. Tim asuhan Indra Sjafri memiliki modal bagus setelah meraih kemenangan dalam lima pertandingan sebelumnya, dengan harapan memberikan penampilan terbaik untuk memenangkan pertandingan ini.

RAKYATKU.COM, PNOM PENH - Pertandingan final sepak bola SEA Games 2023 Kamboja akan mempertemukan Timnas Indonesia U-22 melawan Thailand. Bagi skuat Garuda, ini adalah momen penting untuk mengakhiri penantian selama 32 tahun meraih medali emas SEA Games.

Dalam 23 pertemuan sebelumnya, Indonesia berhasil meraih lima kemenangan pada edisi 1979, 1989, 1991, 2011, dan 2019, sementara Thailand mencatatkan 16 kemenangan dan 2 kali imbang.

Kenangan manis medali emas terakhir Indonesia terjadi pada SEA Games 1991. Pertemuan itu juga menjadi final pertama antara Indonesia dan Thailand. Berakhir 0-0 pada waktu normal, Indonesia yang diperkuat nama-nama legendaris, seperti Ferril Hattu dan Rochi Putiray, berhasil mengalahkan Thailand dengan skor 4-3 dalam adu penalti.

Baca Juga : Terima Bonus, Timnas Indonesia U-22: Terima Kasih, Presiden Jokowi!

Namun, Indonesia juga pernah merasakan kekalahan yang pahit dari Thailand, terjadi pada SEA Games 1985 dengan skor akhir 0-7.

Pada pertemuan terakhir, Indonesia menelan kekalahan 0-1 dari Thailand pada babak semifinal di Vietnam tahun lalu.

Meski demikian, tim asuhan Indra Sjafri memiliki modal yang baik dalam menghadapi Thailand kali ini. Mereka berhasil meraih kemenangan dalam lima pertandingan sebelumnya untuk melaju ke final, termasuk mengalahkan musuh bebuyutan, Vietnam, dengan skor 3-2 yang dihasilkan Rizky Ridho dkk.

Baca Juga : Presiden Jokowi Serahkan Bonus Atlet SEA Games 2023, Total Rp289 Miliar

Indra Sjafri menyatakan timnya telah menjalani empat pertandingan di grup dan satu pertandingan semifinal dengan baik. Mereka telah melewati proses tersebut dengan penuh dedikasi.

"Saya berharap dan kami sudah berkomitmen dengan para pemain besok kita memberikan yang terbaik atau menjadi game terbaik kita. Semua pemain termasuk Arhan dalam kondisi baik, tetapi secara regulasi besok kita tidak bisa mainkan dia, jadi kita besok main dengan skuat 19 pemain dan semua pemain tersebut siap bermain serta memberikan penampilan terbaik," ujar Indra, Senin (15/5/2023).

Untuk kali keempat, Indonesia akan bertemu dengan Thailand di final SEA Games. Misi saat ini adalah mengakhiri penantian selama 32 tahun untuk meraih medali emas di cabang olahraga sepak bola SEA Games.

Baca Juga : Undian Piala AFF U-23 2023: Timnas Indonesia Satu Grup Malaysia

Indra menutup dengan ucapan terima kasih kepada para suporter, baik yang datang langsung ke Kamboja maupun yang menyaksikan melalui TV di Indonesia. "Mudah-mudahan atas izin Allah besok kita bisa mewujudkan keinginan kita di mana sudah 32 tahun tidak medali emas," tutur Indra.

#Timnas Indonesia U-22 #SEA Games 2023 #indra sjafri #Rizki Ridho