Senin, 15 Mei 2023 22:53

Kodim 1406 Wajo Tanam Mangrove untuk Jaga Kelestarian Alam

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Kodim 1406 Wajo Tanam Mangrove untuk Jaga Kelestarian Alam

“Ini sebagai langkah kepedulian kita bersama dalam membantu Pemerintah Daerah khususnya dalam melestarikan lingkungan hidup agar manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat untuk generasi mendatang,”

RAKYATKU.COM, WAJO - Guna menjaga keseimbangan ekosistem laut dan menghalau abrasi pantai serta melestarikan alam Komando Distrik Militer (Kodim) 1406 Wajo melaksanakan penanaman pohon mangrove di pantai Bangsalae, Kelurahan Siwa, Kecamatan Pitumpanua, Kabupaten Wajo pada Senin (15/5/2023).

Mangrove For Better Life Kodim 1406 / Wajo di pantai Bangasalae Siwa tersebut melibatkan masyarakat,TNI - Polri, Pemerintah, anak Sekolah, Polhum dan sejumlah ormas.

Komandan Kodim 1406, Letkol Infantri Muhammad Juanda Dinata mengatakan penanaman mangrove ini serentak dilaksanakan di seluruh Indonesia.

Baca Juga : Kodim Wajo Gelar Karya Bakti Sosial Peduli Lingkungan

"Tujuan ingin dicapai adalah melestarikan mangrove, menjaga keseimbangan ekosistem laut dan terutama menghalau abrasi pantai," katanya.

Hutan mangrove menjadi sumber yang sangat jelas untuk menjaga ekosistem perairan antara laut, pantai dan darat. Hutan mangrove juga membantu dalam mendapatkan iklim dan cuaca yang paling nyaman untuk mencegah bencana alam.

“Ini sebagai langkah kepedulian kita bersama dalam membantu Pemerintah Daerah khususnya dalam melestarikan lingkungan hidup agar manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat untuk generasi mendatang,” tambah Letkol Muhammad Juanda.

Baca Juga : Wakil Ketua DPRD Terima Ranperda APBD Kabupaten Wajo Tahun 2024, Bupati Apresiasi Sinergitas Dewan

Pada kesempatan itu, anggota LPPN - RI Wajo, Rustan mengapresiasi penanaman pohon magrove tersebut.

"Saya ucapkan apresiasi dan terima kasih kepada Dandim 1406 atas terlaksananya kegiatan ini. Apa yang dilakukan ini akan membawa manfaat ke depannya bagi lingkungan dan masyarakat setempat," ucapnya.

"Semoga penanaman mangrove hari ini menjadi motivasi bagi semua pihak untuk memelihara dan menjaga kelestariannya sehingga apa yang menjadi tujuan program ini dapat tercapai," lanjut Rustan.

Baca Juga : Kanal Radi A. Gani dan Sungai Kading Wajo Dikeruk

 

Penulis : Abd Rasyid. MS
#Kodim Wajo #pemda Wajo