Rabu, 03 Mei 2023 16:16

Bareng Wali Kota Makassar Pantau Harga Pangan di Pasar Terong, Mendag Zulhas: Terlalu Murah!

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan (Zulhas), bersama Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto (Danny), memantau harga di Pasar Terong, Makassar, Rabu (3/5/2023).
Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan (Zulhas), bersama Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto (Danny), memantau harga di Pasar Terong, Makassar, Rabu (3/5/2023).

Mendag Zulkifli Hasan (Zulhas) dan Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto (Danny), memantau harga pangan di Pasar Terong, Makassar, dan menyatakan harga pangan stabil dan terlampau murah, dengan stok dan persediaan yang lebih dari cukup.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan (Zulhas), menyebut harga pangan di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, stabil dan terlampau murah.

"Terlalu murah. Telur tadi kalau dikilokan Rp26 ribu sekilo, cabai Rp25 ribu, bawang Rp35 ribu. Jadi, kita syukur sebelum dan setelah Lebaran harga sembako stabil," kata Mendag Zulhas usai memantau harga di Pasar Terong, Makassar, Rabu (3/5/2023).

Selain harga komoditas pangan yang murah, perihal stok dan persediaan juga lebih dari cukup. Adapun harga beras masih merupakan harga standar. Demikian halnya minyak goreng harganya sesuai harga eceran tertinggi (HET).

Baca Juga : Wali Kota Makassar Jamin Stok Elpiji Aman, Pertamina Bentuk Satgas Rafi

Ia mengaku, sebelumnya sudah mengunjungi beberapa lokasi di Indonesia timur, seperti di Jayapura dan Sorong, yang situasinya sama, bahkan cenderung turun.

Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto (Danny), mengatakan ada dua hal utama dalam pemantauan komoditas bahan pokok ini, yakni stabilnya harga dan inflasi yang mampu ditekan.

Hal itu, kata Danny Pomanto, disebabkan intervensi yang dilakukan Dinas Perdagangan juga Perumda Pasar Makassar Raya.

Baca Juga : Bersama Pejabat Pemkot Makassar,Zulkifli Nanda Belajar Tata Kelola Utilitas Bawah Tanah

Dari situ, secara tidak langsung menekan angka inflasi. Bahkan, sebut dia, operasi pasar menjelang Lebaran menetapkan setengah harga saja.

"Biasanya kita 10 sampai 25 persen, ini sampai 50 persen memang kita cut," kata Danny Pomanto usai menemani Mendag Zulhas.

Hari ini, pihaknya membuktikannya dengan mencatat harga beras maupun minyak goreng yang standar, sedangkan cabai turun.

Baca Juga : Wali Kota Makassar Janji Alokasikan Rp1 Miliar Dana Hibah untuk Masjid Al-Markaz

"Dulu Pak Jokowi (Joko Widodo) ke sini harga cabai Rp45 ribu per kilogram, sekarang Rp25 ribu per kilogram, artinya ada penurunan drastis," terangnya.

Mendag Zulhas dan Wali Kota Makassar meninjau Pasar Terong pukul 8.20 Wita hingga 8.40 Wita. Sekitar 20 menit menghampiri pedagang dan berbincang rombongan pun beranjak.

#Kementerian Perdagangan #pemkot makassar #Zulkifli Hasan #Mohammad Ramdhan Pomanto