Jumat, 21 April 2023 23:05

Menhub Budi Sarankan Pemudik Balik ke Jakarta setelah 24 April

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi.
Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi.

Menhub Budi Karya Sumadi menyarankan agar para pemudik untuk kembali ke Jakarta setelah tanggal 24 April 2023, terutama pada 26, 27, dan 28 April. Pihaknya juga memberikan beberapa rekomendasi, seperti memberikan diskon tol 20 persen dan meminta operator jasa marga dan maskapai penerbangan memberikan diskon tambahan.

RAKYATKU.COM, JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, menyarankan masyarakat melakukan perjalanan kembali ke Jakarta setelah 24 April 2023. Ia mengimbau masyarakat yang akan balik ke Jakarta mempertimbangkan tanggal berikut ini.

"Kita arahkan orang mudik balik di tanggal 26, 27, 28 (April) karena orang yang kerja pulangnya di tanggal 24 atau 25. Kalau anak sekolah tanggal 2 Mei. Jadi di 24 atau 25 itu puncaknya," kata Budi saat meninjau Jalan Tol Kalikangkung, Semarang, Jawa Tengah, Jumat (21/4/2023).

Budi mengatakan, puncak arus mudik yang ada jalan Tol Kalikangkung terjadi pada H-2 Lebaran, dengan jumlah 67 ribu pemudik. Dengan jumlah itu, ia memperkirakan banyak pemudik yang keluar tol di daerah Pantura maupun Banyumas.

Baca Juga : Presiden Jokowi Minta Warga Tunda Balik Mudik, Sarankan Ambil Cuti Tambahan

"Saya diskusi kecil dengan Dirlantas dan Jasa Marga. Ternyata puncak mudik di Kalikangkung ada di H-2 kemarin, ada 67 ribu dan Cipali 45 ribu. Artinya yang mudik dari Jawa Barat, Jabodetabek, banyak yang keluar di Pantura atau ke arah Banyumas. Dan ini jadi analisa kita, nanti stagnan itu akan terjadi di menjelang setelah Cirebon," ujarnya.

Budi menjelaskan, pihaknya akan memberikan beberapa rekomendasi bagi masyarakat yang akan melakukan perjalanan balik ke Jakarta. Di antaranya, pihaknya akan memberikan diskon tol 20 persen di tanggal tertentu.

"Lalu kita juga meminta agar operator jasa marga memberikan diskon 20 persen nanti sejak tanggal 26, 27, 28," ungkapnya

Baca Juga : Menkes Ingatkan Pengendara Mudik Istirahat Tiap Empat Jam Perjalanan

"Saya juga minta Garuda, Citilink, dan Lion Air untuk memberikan diskon tambahan nantinya, dan juga kereta api akan ada diskon. Saya akan laporkan itu ke pak presiden, biasanya pak presiden akan memberikan finalization," tuturnya.

Sumber: Detik.com

#Kementerian Perhubungan #Budi Karya Sumadi #Mudik Lebaran 2023