Kamis, 20 April 2023 14:05

Menkes Ingatkan Pengendara Mudik Istirahat Tiap Empat Jam Perjalanan

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin.
Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin.

Menkes Budi mengingatkan pengemudi yang mudik untuk beristirahat setiap empat jam perjalanan, memastikan vaksin Covid-19 dan booster sudah diterima, membawa makanan di mobil, dan menjaga keselamatan pengemudi dengan menghindari kecelakaan lalu lintas yang disebabkan oleh mengantuk atau microsleep dengan istirahat singkat di rest area.

RAKYATKU.COM, JAKARTA - Seiring makin dekatnya momen Lebaran Idulfitri 1444 H/2023 M, banyak yang sudah mulai melakukan perjalanan menuju kampung halaman untuk merayakan hari raya bersama keluarga.

Bagi yang membawa kendaraan pribadi, Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin, mengingatkan untuk mengutamakan keselamatan. Sebab, banyak pengemudi cenderung menunda istirahat selama perjalanan demi cepat sampai ke tujuan.

Menurut Budi, tiap 4 jam perjalanan, sebaiknya menyempatkan diri untuk beristirahat di rest area selama sekitar 15 menit.

Baca Juga : Dalam Rangka Penguatan Industri Asuransi Kesehatan di Indonesia, OJK Siap Bersinergi dengan Kementerian Kesehatan

"Jangan lupa vaksin Covid-19-nya sudah dapat yang booster. Kemudian nanti pas mudik makan yang cukup dan siapkan air dan juga makanan di mobil," ujarnya.

"Pastikan juga bensinnya penuh dan pada nanti mudik nyetirnya jangan lama-lama, kalau sudah 4 jam istirahatlah 15 menit supaya kita tetap segar," pesan Budi dikutip dari akun Instagram resmi Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Pernyataan Budi sejalan imbauan pakar kesehatan tidur di Rumah Sakit Mitra Kemayoran, dr. Andreas Prasadja, yang menyebutkan mengantuk adalah penyebab utama kecelakaan lalu lintas ketika mudik. Tubuh yang lelah selama perjalanan seringkali tidak disadari dan bisa memicu microsleep.

Baca Juga : Digitalisasi Informasi Sebagai Senjata Utama Untuk Program Prioritas Kementerian Kesehatan RI

"Kita tetap bisa mengendarai kendaraan kita dengan aman," tutup Budi.

Sumber: Detik.com

#Kementerian Kesehatan #Mudik Lebaran 2023